12 Akik Gubernur Diikutkan Kontes


Kamis, 19 Maret 2015 - 20:11:02 WIB
12 Akik Gubernur Diikutkan Kontes

Untuk menindaklanjuti kegiatan ini, Korem juga akan membuka tempat (geray) s­e­bagai sentra batu akik di Sum­bar. “Jadi tidak hanya sekedar kontes, ke depannya kita akan lestarikan batu akik dengan mendirikan sentralnya,” jelas Widagdo.

Baca Juga : Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang

Dalam pegelaran ini, pani­tia juga memberikan peng­hargaan kepada pihak-pihak yang dianggap telah berjasa dalam menyukseskan dan mem­­­bantu program-program Ko­rem  032/Wirabraja selama ini.

Penghargaan di antaranya, ada dari unsur akademisi, to­koh ulama, kepolisian, media, pengusaha, dan tokoh dari unsur-unsur terkait lainnya.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Setidaknya ada 18 orang yang menerima penghargaan ini, yakni Dr.M. Nurzaman, Hadi Supangat, Serma Ermon, Serma Rusiyadi, Alnajmi M. Gafar, Rukiat Tasib, Nasrizal (Ha­luan), Ir. Zola Pandu, Guntoro (Pimpinan BRI), Ma­nar Fuadi SE, MM (Pimpinan Bank Na­gari), Prof. Dr. Phil Yanuar Kiram (rektor UNP), Prof. Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA (Rektor Unand), Ir. Djoni (Ka­dis Pertanian  Sum­bar), Pudjo Suseno (Direktur Komersil PT Semen Padang), Buya M. Letter, Kombes Pol Wisnu Anda­yana, SST, MK (Kapolresta Padang), Ir. I  Ke­tut Bundaraga, MS (Dekan Unes), AKBP Bon­dan Widjak­sono, SH, MH (Ka­polres Dhar­masraya).

12 Batu Akik Gubernur

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno turut meramaikan Pameran dan Kontes Baku Akik Internasional yang dige­lar Korem 032/Wirabraja. Orang nomor satu di Sumbar ini, mengikutsertakan 12 buah batu akik miliknya.

“Ada 12 koleksi batu akik yang ikut meramaikan pa­meran dan kontes ini, terdiri dari 4 liontin, 4 cincin dan 4 gelang,” terang Gubernur Irwan Prayitno didampingi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Sumbar, Alwis, Kamis (19/3) di Padang.

Keduabelas batu akik itu, mewakili sejumlah daerah di Sumbar masing-masing jenis Lumut Suliki Merah asal Koto Tinggi Payakumbuh, Lumut Suliki Rajo Paya­kum­buh, Cim­­pago Merah Pasa­man Barat dan Pancar Ujung Tan­jung Indropuro Pesisir Selatan.

Irwan memberikan apre­siasi atas helat pameran dan kontes yang digelar Korem 032 ini. Menurutnya, demam batu akik yang melanda warga saat ini, memberi dampak positif yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya menjadi potensi eko­nomi batu di tengah masya­rakat, mulai dari pencari batu, pengasah batu, pedagang pera­latan pengasah batu, hingga pedagang batu akik.

“Melalui usaha batu akik ini, terbuka peluang usaha baru yang tentunya bisa me­nyejahterakan masyarakat,” katanya.  Selain itu, melalui pameran dan kontes seperti ini juga turut mem­pro­mo­sikan potensi lokal tentang kekayaan alam yang dimiliki Sumbar. Aneka batu yang bernilai tinggi. (h/mg-fds/vie)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]