Pemkab Solsel Gandeng 12 PT Bangun Daerah


Ahad, 22 Maret 2015 - 19:06:34 WIB
Pemkab Solsel Gandeng 12 PT Bangun Daerah

MoU tersebut berlangsung selama tiga tahun ke depan, terhitung sejak disepakati oleh kedua belah pihak. Bila batas MoU habis, pihak yang ingin menjalin kerjasama mesti mem­­­bikin MoU kembali se­suai batas waktu yang dise­pakati.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

“Kami menyadari bahwa daerah ini kekurangan ahli untuk percepatan pemba­ngu­nan di berbagai bidang. Untuk membangun daerah, dibutuh­kan kerjasama dengan berba­gai pihak seperti perguruan tinggi, perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, pers, dan berbagai pihaknya lainnya. Kali ini, ada 12 perguruan tinggi dan dua pihak lain yang bersedia bekerjasama dengan kami,” tuturnya.

12 perguruan tinggi yang bekerjasama tersebut adalah Universitas Andalas (Unand) di semua bidang, Universitas Negeri Padang (UNP) di bi­dang pendidikan, Institut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Pa­dang di bidang pemba­ngunan sosial dan keagamaan, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang di bidang seni budaya, Univer­sitas Bung Hatta (UBH) di bidang perikanan, manajemen bencana, dan tata ruang.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Selanjutnya, dengan Uni­versitas Putera Indonesia (UPI) ker­­jasama di bidang IT, e-govermen dan psikologi. Kemudian dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) di bidang kehu­tanan, pariwisata dan pen­didikan. Lalu dengan Poli­teknik Negeri Padang (PNP) di bidang manajemen bisnis dan rekayasa teknik, Politek­nik Pertanian (Politani) Paya­kumbuh di bidang pertanian, Politeknik Kesehatan Kemen­kes (Poltekes) Padang di bi­dang kesehatan, Akademi Tek­nologi Industri Padang (ATIP) di bidang agro industri, STIA LPPN Padang di bidang ad­ministrasi publik dan pro­tokeler kehumasan.

Sedangkan dengan Balai Besar TNKS Pemkab Solsel menjalin kerjasama di bidang pengelolaan TNKS secara umum, seperti bidang pa­ri­wisata, yakni pengelolaan ob­jek wisata Danau Bontak. Se­mentara dengan PT Mitra Kerinci di bidang pariwisata, yakni mengelola objek wisata air terjun Tangsi Ampek.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

Namun, hari itu nota kese­pakatan hanya dilakukan de­ngan dua pihak, yakni dengan STIA LPPN dan Balai Besar TNKS. Sementara MoU de­ngan pihak lain, kata Syams­yrizaldi, akan digelar pada 26 Maret saat Musyawaran Ren­cana Pembangunan tingkat kabupaten.

Syamsurizaldi men­jelas­kan, setelah MoU, pihak yang bekerjasama akan bertemu SKPD Pemkab Solsel, sesuai bidang masing-masing pihak, untuk menyusun rencana prog­ram kerja. Hal itu bertujuan, agar kerjasama dengan ber­bagai pihak tersebut, dising­kronkan dengan agenda SK­PD, dengan maksud memper­kuat program SKPD.

Baca Juga : Diburu Waktu, Wagub Sumbar Perintahkan Dinkes Kejar Target Vaksinasi Lansia

“Kerjasama bisa berbentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), penelitian, pengabdian ma­syarakat, magang, dan se­ba­gainya. Misalnya, jika SKPD memiliki kegiatan, maka SK­PD bisa memakai ahli dari perguruan tinggi bersang­ku­tan, yang keahlian yang mereka miliki mungkin tidak dimiliki oleh SKPD bersangkutan,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata Syam­surizaldi, pada 5 Desember 2014, Pemkab Solsel menan­datangani MoU dengan Surya University di Jakarta. Kerjas­ama tersebut di bidang tekno­preneurship dan kreatif tou­rism. Mahasiswa universitas tersebut sudah turun ke Solsel untuk mengadakan penelitian tentang pemetaan potensi wisata.  Di Indonesia, hanya dua pemda yang bekerjasama de­ngan Surya University, yakni Pemprov Papua dan Pemkab Solsel.

“Pemkab Solsel juga akan menandatangani MoU dengan IPDN Jatinagor di bidang manajemen pemerintahan. Mereka meminta bupati da­tang ke sana untuk menan­datangani MoU,” ungkapnya.

Syamsurizaldi me­ngung­kapkan, kerjasama Pem­kab Solsel dengan perguruan tinggi sudah dimulai sejak tiga tahun 2012, yakni dengan Unand dan UNP. Batas waktu MoU de­ngan dua perguruan tinggi ternama di Sumbar itu habis pada tahun ini. Oleh karena itu kerjasama perlu diperbarui.

Ia menambahkan, kerja­sama antara kedua belaha pihak, tidak hanya mengun­tungkan bagi Pemkab Solsel, namun juga bagi perguruan tinggi. Keuntungan yang dida­pat oleh perguruan tinggi, semakin banyak mengadakan MoU dengan pemda, maka akreditasi perguruan tinggi bersangkutan akan tinggi dan berkembangnya ilmu pengetahuan. (h/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]