Pemko Ajukan Tiga Ranperda


Ahad, 22 Maret 2015 - 19:16:20 WIB
Pemko Ajukan Tiga Ranperda

Untuk menjamin terwujudnya keindahan, ketertiban dan kepastian hukum dalam pe­nyelenggaraan bangunan gedung, setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung. Menurutnya, ranperda bangunan gedung itu lebih menitikberatkan pada fungsi dan klasifikasi bangunan gedung, persyaratan bangunan gedung, penyelenggaraan bangunan, peran masyarakat dan pembinaan dalam penyelenggaraan bangunan gedung.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Ranperda kedua tentang irigasi. Pengaturan hak atas air diwujudkan melalui penetapan hak guna air, yaitu hak guna pakai air untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari bagi perseorangan dan pertanian rakyat. Termasuk, lanjut Emzalmi, hak untuk mengairkan air dari tanah orang lain ke tanahnya, atau sebaliknya melalui tanah orang lain yang berbatasan dengan tanah seseorang. Pemerintah daerah,  harus menjamin alokasi air untuk memenuhi kebutuhan pokok air bagi rakyat dengan tetap memperhatikan kondisi ketersediaan air.

“Untuk itu, pemerintah daerah dalam pe­nyediaan kebutuhan akan air dalam bidang pertanian untuk mencapai ketahanan pangan, perlu dibentuk peraturan daerah tentang rigasi,” jelasnya. Ranperda irigasi menekankan, pada peningkatan produktivitas usaha tani dan pro­duksi pertanian.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

Ketiga, ranperda perlindungan dan pe­nge­lolaan lingkungan hidup. Pemko menilai, lingkungan hidup harus dilindungi dan dikelola dengan baik berdasarkan asas tanggung jawab. Perlu pula, memperhatikan asas keberlanjutan dan keadilan. Selain itu, pengelolaan lingkungan hidup harus dapat memberikan kemanfaatan ekonomi, sosial dan budaya. Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup menuntut, dikembangkannya suatu sistem terpadu.

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan, harus dilaksanakan secara taat asas dan konsisten dari pusat hingga daerah. “Ranperda perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup lebih me­nitikberatkan pada tujuan tercapainya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup,” lanjut Emzalmi.

Pimpinan sidang, Erisman mengatakan, pembahasan ranperda tersebut akan segera dilakukan. Paling, sebagai tahap awal dilakukan pembahasan melalui internal Pansus. “Ranperda yang diusulkan pemko akan dibahas terlebih dahulu, selanjutnya di paripurnakan. Dari sana, barulah para dewan dapat memutuskan, apakah disetujui atau tidak,” kata Erisman. (h/ade)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]