Ketika Sang Petahana Banjir Dukungan


Ahad, 22 Maret 2015 - 19:32:15 WIB
Ketika Sang Petahana Banjir Dukungan

Benny Utama dalam sebuah kesempatan wawancara ekslusif dengan Tim Haluan, Minggu lalu mengatakan, untuk maju sebagai kandidat bakal calon Bupati Pasa­man, dirinya akan tetap memper­tahankan program unggulan yang telah dijalankannya sejak lima tahun belakangan ini.

Baca Juga : Investasi Tumbuh, Indonesia Maju

Program unggulan yang dimak­sud adalah program Pembangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN). P2BN ini program pem­bangunan skala kecil dengan nilai mencapai Rp300 juta. Selanjutnya, juga ada program pendidikan gratis sampai 12 tahun, yang bertujuan untuk me­ningkatkan sumber daya manusia.

Untuk meningkatkan akses dan layanan kesehatan kepada masya­rakat, Pemkab Pasaman juga terus membenahi fasilitas dan layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping dan mem­ba­ngun puskesmas di setiap keca­matan serta meluncurkan program satu jorong satu bidan. Tujuan pro­gram ini untuk mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga : Kenangan Bersama Bang Rusdi Lubis

Program infrastruktur, Benny Utama mencanangkan program tidak ada lagi jorong yang tidak bisa diakses dengan kendaraan roda dua. Bahkan pada umumnya, roda empat pun sudah bisa mengakses jalan-jalan menuju jorong yang ada di Kabupaten Pasaman. “Pasaman telah menghotmik jalan sepanjang 40 km setiap tahun, mulai dari hotmik kasar sampai hotmik yang halus,” tandasnya.

Beda dengan angka kemiskinan dan pengangguran, yang jumlahnya terus menukik turun di Pasaman. Pengangguran dari yang terdata 6.910 orang di 2010, turun lebih setengah­nya menjadi 3.410 orang di tahun 2012. Bahkan pada tahun 2013 kemaren hanya tersisa 2000-an orang. Kemiskinan pun demi­kian, dari angka 10.970, berhasil tertekan menjadi 6000-an di tahun 2013.

Untuk mewujudkan semua pro­gram dan meraih prestasi-prestasi tersebut, tidak semudah mem­bali­kan telapak tangan. Perlu kiat-kiat sebagai seorang pemimpin. “Jadi pemimpin itu perlu baik, namun baik saja tidak cukup untuk memim­pin 300 ribu penduduk Pasaman. Perlu diberi reward dan punish­ment,” ujar Benny Utama.

Benny yakin jika program kese­hatan, pendidikan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang telah diprogramkan, dapat dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan, maka lima tahun kepemimpinan dia ke depannya, Kabupaten Pasaman akan sejahtera. “Insya Allah, lima tahun ke depan, Pasaman yang bermartabat dan masyarakatnya sejahtera, dapat kita wujudkan,” pungkasnya.

Tokoh masyarakat Kecamatan Bonjol Khairul Datuak Bagindo Kali, Rajo Ampek Selo Pasaman, H. Syaiful Amri Datuak Basa, Datuak Putiah, mantan wali Nagari Gonggo Hilia diera tahun 80-an, dan Dt Bagindo Kali mengakui terjadinya perubahan Kecamatan Bonjol sejak dibawah kepemimpinan Benny Utama. Merekapun sepakat untuk mengusung Benny Utama untuk jadi Bupati Pasaman satu periode lagi.

Dukungan juga mengalir dari masyarakat Kecamatan Tigonagari, Kecamatan Duo Koto, Kecamatan Rao dan sekitar, serta hampir di seluruh kecamatan yang telah dikun­jungi Benny Utama beberapa waktu belakangan ini. Tanpa “setingan” tokoh masyarakat yang menyam­paikan sepatah dua patah kata, selalu memberikan dukungan kepada sang incumbent.

Apakah banjirnya dukungan terhadap incumbent Benny Utama benar-benar akan mampu untuk mengantarkan sosok Bupati berki­nerja tinggi itu menang dalam Pil­kada mendatang? Masyarakat Pasa­man jugalah yang akan menja­wab­nya nanti. (**)

 

Laporan:
(TIM HALUAN PASAMAN)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]