Perwanaliko Harus Proaktif Perjuangkan Nasib Walinagari


Senin, 23 Maret 2015 - 19:19:09 WIB
Perwanaliko Harus Proaktif Perjuangkan Nasib Walinagari

“Perwanaliko harus mam­pu memperjuang­kan nasib walinagari beserta perangkat­nya secara sungguh-sungguh, “ujar Koordinator Perwana­liko yang juga Wali Nagari Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Khairul Apid, dalam keterangannya Senin, kemarin, di Suliki.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Permintaan itu juga sudah disampaikannya dalam Rakor wali nagari yang dilangsungkan di Aula Kantor Bupati Lima­puluh Kota, beberapa hari yang lalu. Khairul Apid dengan lantang meminta Perwanaliko memperjuangkan nasib wali nagari dan perangkat nagari dengan serius, ujar Khairul Apid yang disambut antusias para wali nagari lainnya.

Khairul Apit nyinyir mem­pertanyakan hal itu ke pihak SKPD terkait, karena untuk mengurus persoalan gaji pe­rangkat nagari saja, harus memakan waktu dan tenaga yang banyak. Sehingga, sulit jika dicairkan setiap bulan, sangatlah tidak sesuai jika dibandingkan dengan urusan honor dan uang lelah pegawai.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Dari 79 nagari di Lima­puluh Kota,  perangkatnya memang tak sebanding dengan jumlah pegawai yang 6.000-an orang. Namun, bukan per­soalan besar atau kecil, kenya­taannya seringkali keterlam­batan pembayaran gaji atau honor masih disebutkan oleh pemerintah daerah.

Ia berbicara mewakili 78 wali nagari lainnya, sangat berharap Perwanaliko ini men­jadi jembatan kepentingan wali nagari untuk terus diperjuang­kan ke pemerintah daerah. Kantor Walinagari melayani langsung masyarakat.”Seluruh perangkat nagari butuh per­hatian dan kelayakan dari pemerintah daerah yang ker­janya meregulasi dari balik meja, “ulasnya.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Pihaknya, meminta kepada Bupati Alis Marajo, agar benar-benar menyadari pentingnya kesejahteraan perangkat nagari ini. Masa jabatan bupati yang tersisa beberapa bulan lagi, hendaknya dijadikan sebuah oleh-oleh Peraturan Bupati (Perbup) tentang kesejah­tera­an perangkat nagari ini, agar lebih sejahtera. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]