Tujuh Kandidat Cagub Berebut ‘Kapal’ Hanura


Senin, 23 Maret 2015 - 19:42:46 WIB
Tujuh Kandidat Cagub Berebut ‘Kapal’ Hanura

“Tujuh kandidat tersebut sudah me­mastikan diri untuk ha­dir,” ujar Ketua DPD Ha­nura Sum­bar Marlis bersama Se­kretaris partai Mus­lim Ha­run dan Wakil Ketua Aljufri yang juga Ketua Bap­pilu, kemarin.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Dikatakan Marlis, diskusi dan wawancara khusus dengan para calon  itu adalah tahapan kedua yang dilakukan untuk menjaring  calon gubernur Sumbar periode 2015-2020 yang akan diusung Hanura. “Kita tak mau seperti memilih kucing dalam karung. Dengan tahapan ini, maka kita akan mengetahui kapasitas dari para calon yang akan kita beri mandat atau kita usung dalam pilgub,” kata Marlis.

Ada tiga panelis yang diha­dirkan yakni pamong senior Rusdi Lubis, akademisi  Yu­zirwan Rasyid, dosen Pe­rtanian Unand yang juga Wakil Ketua LKAAM serta Marlis Ketua Hanura yang juga ang­gota dewan.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

Panelis akan menggali se­cara dalam kapasitas atau ke­mampuan dari masing-masing kandidat secara bergiliran se­kaitan pemerintahan, ekon­omi, kesra, budaya pariwisata dan lainnya. “Acaranya mulai dari pukul 09.00 WIB. Masing-masing kandidat diberikan waktu sejam, bergantian. Selain diskusi dengan panelis, ada juga pertanyaan dari undangan.

Undangan sebanyak 50 orang, terdiri dari pengurus Hanura cabang, dan organisasi kemasyarakatan. Undangan memberikan pertanyaan pada kandidat dan panelis menilai jawaban kandidat,” terangnya.

Dikatakan Marlis, tahapan kedua ini merupakan poin penting dalam penilaian calon gubernur yang akan diusung Hanura selain dari faktor lain seperti dukungan publik, elek­tabilitas dan kemampuan fi­nansial. Ditambahkannya, DP­P Hanura di pusat mem­be­rikan kewenangan pada DPD Hanura untuk menentukan mana calon yang dianggap layak untuk diusung menjadi pemimpin Sumbar ke depan.

Mengenai koalisi, Marlis memberikan bocoran bahwa dalam waktu dekat Hanura (5 kursi di provinsi) akan me­ngumumkan koalisi dengan PDIP (4 kursi) serta PKB dan PBB ( masing-masing 1 kursi). Dengan koalisi tersebut se­benarnya masih kurang karena baru 11 kursi sedangkan untuk mengusung calon sendiri seti­daknya harus ada 13 kursi di legislatif.

Karenanya Hanura Sum­bar tetap membuka peluang koalisi dengan partai lain. Begitu pun halnya dengan calon gubernur yang ingin mendaftar ke Hanura Sumbar, pintu masih terbuka. “Namun ra­sanya tak ada lagi tambahan calon yang men­-daftar kalau kita lihat dari perkembangan terakhir. Hanya itu-itu saja yang mengapung namanya kalau kita per­ha­tikan,” tutupnya. Sementara itu Aljufri me­ngatakan bahwa tahapan kedua dalam penjaringan calon gu­bernur Sumbar ini dilakukan untuk memilih calon terbaik dari Hanura Sumbar. (h/ita)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]