Pasar Padang Panjang Kian Semrawut


Selasa, 24 Maret 2015 - 19:58:07 WIB
Pasar Padang Panjang Kian Semrawut

Sufiati, perantau Padang Panjang di Jakarta saat pulang ke kampong, Senin kemarin, me­ngaku risih dengan kondisi pasar Padang Panjang saat ini. Dimasa dia bersekolah di SPG Negeri dulu katanya, pasar Padang Panjang sangat nyaman. Dia mengaku sering masuk kedalam pasar mencicipi Katupek Pitalah yang lazim dijual setiap hari balainya Senin dan Jumat. Tetapi sekarang pasar Padangpanjang mungkin pasar terjelek diban­ding pasar lainnya yang ada.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

“Saya bingung melihat pasar Padang Panjang, semrawut dan becek. Hampir semua jalan sebagai fasilitas umum dipakai untuk berdagang. Kita khawatir jika pasar Padang Panjang justru menjadi sumber penyakit akibat kotor dan joroknya pasar. Sejak tahun 2007, kami sudah  men­dengar pasar akan dibangun, tapi kok sampai sekarang belum juga. Apalagi masalahnya,”  ungkap Sufiati mempertanyakan.

Hal lain juga diungkapkan Rini, salah seorang pedagang di pasar Padang Panjang. Dia bi­ngung untuk menumpuk barang dagangannya di dalam kios nya. Soalnya takut kebakaran te­rulang kembali apalagi kios pe­nam­pungan itu terbuat dari kayu yang sangat mudah terbakar.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

“Kapan pasar ini dibangun. Pemda sepertinya tidak me­miliki keberanian untuk mem­bangun  pasar yang sudah sangat memprihatinkan ini. Pada hal pasar adalah etalase sebuah kota,” ujar Rini menyampaikan.

Sekda Kota Padang Panjang, H. Muzwar M menjawab Haluan terkait pembangunan pasar Pa­dang Panjang yang sudah lama terkatung katung itu men­yebut­kan, sebagai walikota Padang Panjang, H Hendri Arnis se­benarnya sangat ingin agar pasar ini segera dibangun. Karena beliau sejak dilantik sangat memahami kondisi yang di­alami oleh pedagang pasar Pa­dang Panjang.

“ Pemko masih mencari for­mat yang pas diantaranya mung­kin memutus kontrak dengan investor lantaran di­tolak oleh para pedagang,” kata Muzwar. (h/one)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]