Dwi Soetjipto: Pegang Amanah, Dorong Perekonomian Sumbar


Selasa, 24 Maret 2015 - 19:58:59 WIB
Dwi Soetjipto: Pegang Amanah, Dorong Perekonomian Sumbar

Sebelum mendapat gelar adat, Dwi Soetjipto sebetulnya tak asing lagi bagi Sumatera Barat. Pria kelahiran Surabaya ini sudah menetap di Kota Padang selama 34 tahun mulai meniti karir di PT Semen Padang sampai menjabat Di­rek­tur Utama industri semen kebanggaan Sumbar tersebut.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

Dwi adalah eksekutif perta­ma sepanjang sejarah yang mem­bawa BUMN Indonesia men­jadi perusahaan multi­nasional. Mengutip kete­rangan Dahlan Iskan, Dwi berhasil membawa transformasi PT Semen Indonesia menjadi BUMN per­ta­ma yang berstatus mul­tinasional, setelah pem­belian pabrik Thang Long di Hanoi, Vietnam. Sedangkan di Sumbar sendiri, Dwi juga ko­mit mem­bangun perekono­mian masya­rakat melalui prog­ram-program CSR PT Semen Pa­dang. Begitu juga di bidang olahraga dan kebudayaan se­per­ti sepakbola dan silat Mi­nang.

Bahkan pria berkacamata ini mengungkapkan, jadikan silat sebagai driver pereko­nomian Sumbar. Sebelumnya saat menghadiri Sarasehan Silek di Semen Padang, Dwi juga mengangkat tema “Dari Sasaran Silat, Kita Bangun Ekonomi Sumatera Barat”.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

“Gelar ini adalah amanah. Sebagai orang Minang, saya akan menjaga nama baik Bu­daya Minang, saya akan mem­pertanggungjawabkan gelar ini,” ujarnya.

Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau Pa­ga­ruyung Darul Qorror, Sutan H. Muhammad Taufiq Thaib, dalam titahnya menyatakan, Dwi dinilai sebagai orang yang sangat peduli terhadap pe­ngem­bangan dan pelestarian kesenian dan kebudayaan tra­di­sio­nal, dengan mendorong tumbuh dan berkembangnya olahraga pencak silat.

“Saat ini beliau dipercaya menjadi direktur utama PT Pertamina (persero). Dengan jabatan baru itu kita berharap, beliau dapat memberikan angin segarbagi kehidupan BUMN yan amat strategis ini. Melalui kebijakan beliau kita berharap, masyarakat dapat menikmati harga BBM dan gas yang pantas, dan sesuai dengan pendapatan masya­rakat,” ujar Tuanku Mudo Mahkota Alam, Sultan Haji Muhammad Taufiq Thaib usai melewakan gelar Tuan Besar Temenggung Diraja kepada Dwi Soetjipto yang juga bersa­maan dengan pemberian gelar sangsako adat ‘Tuanku Besar Palinduang Alam’ kepa­da Ketua DPD RI, Irman Gus­man pada kesempatan terse­but.

Dengan memangku gelar sangsako adat, harap Taufiq, Dwi Soetjipto bisa lebih besar lagi perhatiannya terhadap upaya-upaya melindungi adat dan budaya nusantara, ter­masuk Minangkabau.

“Jika sebelumnya pak Dwi mengaku sudah menjadi orang Minang sejak 34 tahun lalu, namun resminya setelah dile­wakannya gelar sangsako Tuan Besar Tumenggung Diraja ini,”­ ujarnya.

Khusus Dwi Soetjipto me­nu­rutnya selama ini sudah berperan besar menjadikan membangkitkan pere­kono­mian Sumbar saat menjadi Dirut PT Semen Padang, seka­rang menjadi Dirut PT Perta­mina. Dwi juga dinilai mampu mengembangkan nilai-nilai kebudayaan, terutama budaya Minangkabau, melalui pencak silat. (h/vid*)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]