2016, Pasar Raya Ditargetkan Tuntas


Selasa, 24 Maret 2015 - 20:02:37 WIB
2016, Pasar Raya Ditargetkan Tuntas

“Pada 2015, minimal kita selesaikan pembangunan Pasar Inpres II, sehingga Inpres I dan II bisa dimanfaatkan secara lebih optimal dan pedagang bisa kita tata dengan lebih baik,” ujar Sekdako Nasir Ahmad, usai membuka Musyawarah Peren­canaan Pembangunan (Musren­bang) Kota Padang untuk 2016 di Balaikota, Selasa (24/3).

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Di sektor pariwisata, lanjut­nya, revitalisasi objek wisata Kawasan Wisata Terpadu (K­W­T) Gunung Padang dan objek potensial lainnya menjadi wisata keluarga dan konvensi yang layak dan ramah. Nantinya, diharapkan dapat mendorong pe­ngem­bang­an ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UM­KM), serta pemberdayaan masya­rakat petani dan nelayan.

“Prioritas kita di tahun 2015 dan 2016 adalah pembenahan Pantai Air Manis. Kita sudah MoU dengan pihak Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terkait pengembangan Pantai Air Manis melalui dana sharing 40:60, sehingga legenda Malin Kundang dan legenda Siti Nurbaya di Gunung Padang menjadi tujuan wisata utama,” tambahnya.

Baca Juga : H-6 Lebaran, Pantai Purus Padang Sepi Pengunjung

Demikian juga untuk sektor infrastruktur, Pemko Padang terus mengupayakan pening­katan jalan-jalan kota, terutama pembangunan jalur evakuasi, penyediaan terminal angkutan kota dan terminal bus, serta penataan transportasi.

“Saat ini sudah dioptimalkan penggunaan angkot di samping Balaikota Lama, sehingga dapat mengatasi kesemrawutan di kawasan tersebut,” katanya.

Begitu juga di bidang pen­didikan, disamping tetap melak­sanakan pendidikan gratis, dan direncanakan dapat diperluas dan menjangkau sekolah swasta. Sedangkan di bidang ekonomi, peningkatan ekonomi berbasis masyarakat terus digalakkan. Juga peningkatan pelayanan masyarakat dan reformasi biro­krasi terus dilakukan Pemko Padang.

“Kita semua tentu me­nga­harapkan, melalui musrenbang ini dapat dimatangkan rencana kerja pembangunan daerah yang telah disusun berdasarkan ren­cana strategis SKPD yang me­rujuk pada RPJMD. Dan tetap memberi peluang masyarakat untuk ber­peran serta,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Padang, Erisman menyampaikan dukungannya kepada Pemko Padang terhadap pelaksanaan program. Terutama dalam penyelesaian Pasar Raya, pendidikan serta infrastruktur.

“Semua program unggulan yang sudah dicanangkan Pemko Padang, tentunya agar dapat terlaksana sesuai harapan masya­rakat. Kami di DPRD turut memberikan dukungan terkait pengalokasian anggaran,” sebut Erisman.

Namun, Erisman me­nekan­kan, agar semua yang telah di­prog­ramkan dijalankan dengan serius dan konsisten, agar tidak menimbulkan suatu keraguan di masyarakat terhadap kinerja pemko.

“Semua yang kita lakukan tentunya untuk kesejahteraan masyarakat, serta mengajak ma­sya­rakat untuk berperan serta,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, wali­kota memberikan penghargaan kepada tiga kecamatan yang dinilai ter­baik melaksanakan Musrenbang Kecamatan, yaitu Kecamatan Padang Timur (ter­baik I), Keca­matan Koto Tangah (terbaik II) dan Kecamatan Padang Utara (terbaik III). (h/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]