Perantau Kapur Sembilan Kecam Razia Motor Hingga ke Ladang


Rabu, 25 Maret 2015 - 19:33:54 WIB
Perantau Kapur Sembilan Kecam Razia Motor Hingga ke Ladang

Perantau asal Kecamatan Kapur IX tersebut men­ce­ritakan, dirinya sering kali mendapatkan laporan dari masyarakat di kampung ha­lamannya tentang situasi dan keadaan di Kecamatan Kapur IX. “Laporan yang masuk, ham­pir setiap hari Polisi me­lakukan razia di sembarang tempat hingga ke ladang war­ga,”ungkapnya.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Katanya, di Mapolsek Ka­pur IX sendiri, setidaknya terdapat 200 unit sepeda motor warga yang disita oleh polisi setempat. “Seharusnya ang­gota lantas bisa membedakan pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat seperti sepeda motor bodong tanpa surat-surat dan tidak seharusnya razia dilakukan hingga ke ladang warga,”harapnya.

Tegakkan Peraturan

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

Sementara Kapolres Lima­puluh Kota, AKBP Tri Wah­yudi mengungkapkan, terkait razia yang kerap dila­kukan dika­wasan hukum Polsek Ka­pur IX, bukan untuk menakut-na­kuti warga yang berladang melainkan hanya menegakkan peraturan lalu lintas di ka­wasan setempat. “Warga di sana tak usah khawatir. Tujuan kita baik hanya untuk me­negakkan peraturan ber­lalu­lintas. Semuanya demi kese­lamatan warga. Masih banyak warga setempat yang tidak mematuhi lalulintas saat ber­kendaraan. Terutama tidak memakai helm,” tegas AKBP Tri Wahyudi.

Tak hanya itu, kerapnya razia yang dilakukan Polsek Kapur IX juga dalam me­ngantisipasi terhadap ma­raknya kendaraan hasil curian yang beredar di kawasan Ka­pur IX. “Dari informasi, ken­daraan curian banyak dijual kea rah Kapur IX, terutama digunakan untuk berladang. Karena itu, razia kita lakukan hingga ke lading warga dalam mengungkapkan curian sepeda motor yang akhir-akhir ini marak terjadi,”jelasnya.

Begitu juga, dalam men­dukung penerapan peraturan berlalulintas, Polres Lima­puluh Kota juga mulai pro aktif melayani warga,khusus di Ke­camatan Kapur IX. Seperti men­datangi warga dalam pem­b­uatan Surat Izin Mengemudi dalam meringankan beban ma­syarakat. “Kalau surat ken­daraan masyarakat lengkap, tak usah cemas terhadap razia lalulintas. Ini semua untuk kebaikan kita bersama,”kata AKBP Tri Wahyudi. (h/ddg)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]