Forikan Sawahlunto Terus Genjot Konsumsi Ikan


Rabu, 25 Maret 2015 - 19:34:57 WIB
Forikan Sawahlunto Terus Genjot Konsumsi Ikan

Gerakan makan ikan, me­nurut Ketua Forum Masyara­kat Gemar Makan Ikan Sa­wah­lunto, Yenny Ali Yusuf, merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan kua­litas dan mutu sumber daya manusia, khususnya generasi muda dan calon pemimpin masa depan.

Baca Juga : Wagub Sumbar: Perencanaan Food Estate Masih Banyak Masalah, Butuh Pengawasan!

“Ikan sumber makanan bergizi tinggi, dengan kandu­ngan omega 3, zat pencerdas otak. Makanya, target utama kita generasi yang masih ber­usia dini, yang masih dalam tahap perkembangan,” ungkap ibu tiga anak itu.

Wanita yang juga Ketua TP-PKK ‘Kota Arang’ itu me­ngungkapkan, berdasarkan hasil perhitungan data pola pangan harapan, konsumsi ikan masyarakat Sawahlunto rata-rata 74,5 gram/kapita perhari, atau setara dengan 67,3 kkal/kapita perharinya.

Baca Juga : Sinergitas Antar Rumah Sakit Bisa Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumbar

Sementara secara nasional konsumsi ikan berada pada kisaran 60 hingga 70 gram perharinya. Sedangkan kon­sumsi ikan rata-rata dunia mencapai 115 gram perha­rinya. Untuk itu, seluruh pihak perlu mendorong pertum­bu­han konsumsi ikan.

Berada di daerah yang jauh dari laut, bukan berarti masya­rakat Sawahlunto susah men­da­patkan ikan dan tidak ma­kan ikan. Sebab, kota berpen­duduk 65 ribu jiwa lebih itu juga memiliki sumber ikan air tawar.

Dalam mendorong per­tum­buhan konsumsi ikan terse­but, Forum Masyarakat Gemar Makan Ikan Sawah­lunto menyasar 136 Pendi­dikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai target awal.

Selain itu, juga member­dayakan 100 Posyandu yang tersebar pada 4 kecamatan dan 37 desa kelurahan, melalui makanan tambahan dengan bahan olahan ikan, yang bisa dikembangkan menjadi bera­gam makanan.

Meski Sawahlunto berada jauh dari laut, namun Sawah­lunto mampu tampil mewakili Sumatera Barat, dalam Lomba Menu Olahan Ikan tingkat nasional, yang akan digelar beberapa waktu mendatang di Jakarta.

Dalam kegiatan yang diha­diri Kepala Bidang P2HKP Kelautan Dinas Kelautan Peri­ka­nan Sumbar, Afridawati itu, Ketua Forum Masyarakat Ge­mar Makan Ikan Sawahlunto mengharapkan bantuan mobil Ali Teknologi Ikan dari Pem­prov Sumbar.

Mobil Alih Teknologi Ikan tersebut, dapat digunakan Fo­rum Masyarakat Gemar Ma­kan Ikan Sawahlunto dalam mensosialisasikan betapa pen­tingnya mengkonsumsi ikan di tengah masyarakat.

Selain itu, keberadaan mo­bil yang dilengkapi dengan be­ragam alat sosialisasi dan pe­ngolah ikan itu, juga bisa men­jadi reward bagi Sawah­lunto dalam mewakili Sumbar ke tingkat nasional. (h/dil/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]