Meski Kalah, Indonesia Dipuji Kamerun


Rabu, 25 Maret 2015 - 19:38:16 WIB
Meski Kalah, Indonesia Dipuji Kamerun

Asisten pelatih Indonesia mengatakan bahwa level Kamerun memang jauh diatas Indonesia. “Meski persiapan mepet dan lawan baru datang, tapi kualitas mereka sebagai tim Piala Dunia membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa,” jelas Widodo usai pertandingan.

Pelatih yang bermukim di Gresik ini juga menyebut bahwa lawan tampil lebih percaya diri. “Beberapa kans tidak bisa menjadi gol. Faktor mental tidak ada masalah, mungkin karena kualitas pemain. Itulah perbedaannya. Mereka percaya dirinya sangat tinggi. Fisik dan stamina, dan mereka sangat mobilitas sekali,” ujar  Widodo.

Baca Juga : Comeback, Marc Marquez Juarai MotoGP Jerman

Dalam pertandingan tersebut Timnas me­nerapkan permainan bertahan. Pemilihan strategi ini karena kualitas lawan yang jauh diatas Timnas. Indonesia menggunakan formasi 4-4-1-1, tapi pada aplikasinya skema ini tak banyak ber­kembang. Sebab Timnas justru lebih banyak bertahan. Ketika diserang, ada sembilan pemain di wilayah sendiri. Bahkan pemain seperti Zulham Zamrun dan Tantan juga turun untuk membantu lini pertahanan.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Wi­dodo Cahyono Putro menjelaskan bahwa timnya memang sengaja menguatkan sektor per­ta­hanan.”Taktik bertahan ini sudah dilatih selama dua hari. Karena kita tahu Kamerun bagus. Kita realistis saja, oleh sebab itu kita andalkan serangan balik,” jelas Widodo usai pertandingan.

Pelatih Timnas Kamerun, Volker Finke mengakui bahwa pasukannya tidak dalam performa terbaik saat berjumpa Timnas Indonesia, “Kami datang sehari sebelum pertandingan. Perjalanan kami 20 hingga 25 jam. Kondisi ini sangat sulit bagi kami,” ucapnya.

Kamerun tak bisa tampil dengan ke­kuatan penuh. Dari 20 pemain, sebanyak empat nama terlambat hadir. Termasuk sang kapten Stephane Mbia, pemain Sevilla. Keti­dak­hadiran Mbia seolah menambah penderitaan Kamerun.”Ini tidak mudah. Sebab kita sangat-sangat kelelahan dan jetlag. Semua pemain saya sudah berusaha terbaik. Ini bukan performa terbaik, tapi ini pe­kerjaan yang berat,” tutup Finke. (h/mg-san)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]