Delapan Kandidat Cagub Sumbar Adu Visi Misi


Rabu, 25 Maret 2015 - 19:40:59 WIB
Delapan Kandidat Cagub Sumbar Adu Visi Misi

“Awalnya tujuh kandidat, kini bertambah satu lagi kan­di­dat Cagub yang mendaftar dan ikut diskusi terbuka,” ujar Ketua DPD Hanura Sumbar Marlis.

Baca Juga : Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang

Marlis saat itu didampingi Sekretaris partai Muslim Ha­run dan Wakil Ketua Aljufri yang juga Ketua Bappilu atau Badan Pemenangan Pemilu Hanura Sumbar. Tiga panelis yakni pamong senior Rusdi Lubis, akademisi  Yuzirwan Rasyid, dosen Pertanian Unand yang juga Wakil Ketua LKAAM serta Marlis Ketua Hanura yang juga anggota dewan, mengajukan beberapa pertanyaan pada kandidat.

Kesempatan pertama dibe­ri­kan pada Muslim Kasim. Panelis dan audiens melon­tarkan beberapa pertanyaan terkait pemerintahan, eko­nomi, sosial budaya dan kema­syarakatan. Muslim Kasim mengatakan bahwa untuk me­mim­pin Sumbar ini diper­lukan figure yang “setengah gila” dalam artian mereka yang berani membuat terobosan.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

“Misal, kita bermimpi ingin membangun dinding laut. Sekilas itu mustahil, namun bisa kalau dilakukan secara bertahap yang pada akhirnya bisa selesai dan ber­manfaat. Misalnya lagi, saya bermimpi Pasaman dengan equatornya bisa jadi pusat penelitian tak hanya nasional tapi dunia sehingga Pasaman ramai, usaha dan hotel jadi hidup di sana,” beber Muslim.

“Saya punya mimpi di Bu­kittinggi bisa jadi pusat per­belanjaan yang sangat besar. Atau saya bermimpi Padang yang kini jauh tertinggal bisa lebih maju dari sekarang. Ka­lau kita bilang sulit itu benar, namun tidak ada yang mus­tahil asal kita mau dan secara berta­hap terus bergerak untuk me­wu­jud­kan­nya,” terang Mus­lim lagi.

Sementara itu Epiyardi Asda yang diberikan kesem­patan kedua mengatakan bah­wa Sumbar punya potensi wisata dengan kulinernya yang enak. Namun sayangnya kuli­ner tersebut misal kerupuk sanjay hanya bisa dinikmati segelintir orang seperti Mah­kota, Christine Hakim.

“Nah, itu karena masya­rakat Bukittinggi misalnya masih tradisional dalam pe­ngo­lahan sehingga belum bisa dapat manfaat dari kuliner khas itu,” katanya.

Sementara itu Marsekal Muda Purn Khairul Akbar mengatakan maju jadi cagub untuk mengembalikan Sum­bar berdaulat di negeri sendiri. “Banyak generasi muda yang mencemari ABS-SBK falsafah orang Minang. Ini yang ingin kita kembalikan agar masya­rakat Sumbar pondasinya ko­koh dulu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir undangan dari organisasi kemasyarakat sekitar 50 orang. Mereka juga mengajukan per­tanyaan yang dijawab kandidat dan dinilai panelis. Tahapan ini merupakan poin penting dalam penilaian calon gu­bernur yang akan diusung Hanura selain dari faktor lain seperti dukungan publik, elek­tabilitas dan kemampuan fi­nan­sial. (h/ita)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]