110 Sarjana Ikut Tes Pendamping PKH


Kamis, 26 Maret 2015 - 19:20:38 WIB
110 Sarjana Ikut Tes Pendamping PKH

Sementara, pihak Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten hanya memfasilitasi pelaksa­naan kegiatan. Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Pasaman M. Fauzi, menegaskan independennya rekrutmen tersebut terbebas dari kolusi dan nepotisme.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

"Dari peserta yang ikut ini, hanya 21 orang saja yang akan diterima menjadi pendamping PKH ini. Mereka mendapat­kan gaji pokok dari Pusat sekitar Rp1,9 juta selama 6 tahun kon­trak. Kemudian, mereka yang lulus itu, nantinya ada penghasil tambahan dari dana sherring kabupaten. Peng­hasilan mereka sekitar Rp2,5 juta perbulan nantinya," terang M. Fauzi.

M. Fauzi menyebutkan, tahun ini Kabupaten Pasaman mendapatkan Program Ke­luar­ga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Program PKH ini adalah untuk keluarga miskin.

Baca Juga : Cuaca Objek Wisata Sumbar Dilanda Hujan hingga Malam

Jika data penduduk miskin kabupaten pasaman sekitar 22.150 jiwa pada tahun 2013, maka data tersebut nantinya divalidasi dulu oleh pen­dam­ping PKH itu. Masyarakat yang mendapatkan manisan PKH, mereka bakal dibantu uang belanja, biaya pendidikan anak dan kesehatan keluarga.

Program PKH tersebut untuk membantu rakyat sangat miskin. "Program PKH beru­pa bantuan bersyarat kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) atau Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM)," ujar M. Fauzi.

Program PKH ini telah diluncurkan pada tahun 2013, dengan enam kabupaten yang menjadi pilot project program PKH tersebut. Kabupaten yang mendapatkan program serupa adalah Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabuapaten Tanah Datar dan Solok Selatan.

Untuk melaksanakan pro­gram tersebut, Dinas Sosial berkerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendi­dikan setempat. "Kita bakal punya 21 orang petugas PKH. Mereka ditempatkan berda­sarkan uji dan tes dari Kemen­terian Sosial RI," sebutnya.

PKH yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengubah pandangan, sikap, serta peri­laku rumah tangga sangat miskin. "Mereka dibantu uang tunai sekali setahun yang dise­rahkan langsung kepada yang bersangkutan melalui reke­ning Bank," terangnya.

Besarnya bantuan uang tunai yang akan diterima ke­luarga sangat miskin berbeda-beda bergantung pada kom­ponen yang dimiliki. Bantuan tetap hanya Rp200 ribu, jika ada ibu hamil/nifas/balita di­tambah bantuan tersebut Rp300 ribu, kalau ada anaknya yang Sekolah Dasar (SD) dapat Rp400 ribu, kalau  ada yang SMP/SLTP dapat Rp800. Bila anaknya yang menduduki SD ada dua orang maka dapat bantuannya Rp800 ribu. Teta­pi, jika anaknya dua orang menduduki SMP, maka dapat bantuan Rp1,8 juta.

"Jumlah maksimal anak yang ditanggung hanya dua orang untuk Sekolah Dasar dan dua orang untuk SMP. Jika nominal yang diterima mele­bihi, katakanlah keluarga yang bersangkutan banyak anaknya di sekolah dasar dan juga di SMP, maka maksimal bantuan yang akan diterimanya hanya Rp2,2 juta. Bantuan ini nanti­nya akan diberikan dalam empat tahap," ungkapnya.

Untuk mendapatkan PKH, ada persyaratan tersendiri. Yaitu, hamil, nifas atau punya balita serta memiliki anak yang masih sekolah di tingkat seko­lah dasar sederajat dan sekolah menengah pertama sederajat.

"Keluarga penerima harus memiliki balita, anak SD/Madrasah Ibtidaiyah sederajat, memiliki anak SMP/madrasah tsanawiyah sederajat. Mes­kipun balita, anak sekolah dasar dan tsanawiyah sederajat tersebut tidak lagi hidup ber­sama ayah dan ibunya. Namun jika mereka tergolong keluarga sangat miskin, maka tetap dapat diterima sebagai peserta PKH," pungkasnya.

Adapun syarat yang dimak­sud adalah memeriksa kandu­ngan sesuai dengan pelayanan kesehatan dasar, melakukan pemeriksaan paska mela­hir­kan, mengantarkan anak balita dan yang belum sekolah kecil dari umur 7 tahun untuk cek kesehatan, dan mendaftarkan anaknya yang usia 7-15 dan 15-18 tahun yang belum menye­lesaikan pendidikan dasar Sembilan tahun. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]