DPRD Kawal Usulan Masyarakat


Kamis, 26 Maret 2015 - 19:21:10 WIB
DPRD Kawal Usulan Masyarakat

“Selain  anggota DPRD, warga juga harus mengawal semua program yang telah diru­muskan berdasarkan kebu­tuhan masyarakat  di tingkat kelu­rahan tidak hilang begitu saja. Kita secara bersama-sama terus menjaga semua program itu saat Musyawarah Peren­canaan Pem­bangunan (Mus­ren­bang) tingkat kota,” kata Ketua DPRD Kota Solok Yut­ris Can.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Dikatakan Yutriscan, pada Musrenbang tingkat kota, semua program hasil Mus­renbang tingkat kecamatan yang berasal dari hasil Mus­renbang tingkat kelurahan disandingkan dengan program usulan SKPD.

Seperti biasanya, pada taha­pan ini usulan masyarakat sangat rentan untuk dika­lah­kan oleh usulan SKPD. Aki­batnya ususan masyarakat hilang di tengah jalan dan nyaris tak ada yang direa­lisasikan. Dan yang direa­lisasikan  itu mayoritas meru­pakan usulan SKPD.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Ironisnya, program SKPD yang direalisasikan itu bukan­lah program yang berdasarkan ke­butuhan masyarakat. Me­lain­kan program yang lebih ber­nuansa proyek dan dite­rapkan merata di seluruh kelurahan.

Padahal setiap kelurahan memiliki persoalan yang ber­beda. Akibatnya uang habis, tetapi program kegiatan tak memberikan manfaat kepada masyarakat.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

“Kita tak ingin program kegiatan yang dirumuskan ber­d­a­sarkan kebutuhan ma­sya­rakat dan diusulkan oleh ma­syarakat pada Musrenbang ting­kat kelurahan itu hilang begitu saja. Untuk itu seluruh anggota dewan akan mengawal seluruh program itu. Agar per­soalan mendasar masya­rakat dapat diselesaikan sece­pat mung­kin melalui pelak­sanaan pem­ba­ngunan, baik fisik maupun non fisik,” kata Yutris Can.

Sementara Walikota Solok Irzal Ilyas menjelaskan, ada 13 sektor yang menjadi prioritas musrenbang. Yakni Pening­katan keimanan dan ketaq­waan serta peningkatan ku­laitas nilai-nilai adat dan kebu­dayaan daerah, pening­katan pelayanan dan mutu pen­didi­kan, peningkatan pelaya­nan kesehatan masya­rakat, pe­ningkatan kesejah­terahan so­sial, peningkatan daya saing produk UMKM.

Baca Juga : Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes

Kemudian peningkatan ku­a­litas tata kelola peme­rintah, peningkatan pelyanan isfra­struktur kota, peningkatan pe­ngelolaan air bersih, pening­katan sarana dan prasarana pariwisata, peningkatan koor­dinasi penyelengaraan pena­taan ruang dan lingkungan hidup, peningkatan kualitas penge­lo­laan keuangan daerah. Pemuda dan olahraga dan kesadaran hukum masyarakat. (h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]