Jalan Baruh Gunung Rusak


Kamis, 26 Maret 2015 - 19:23:47 WIB
Jalan Baruh Gunung Rusak

Makanya, pemerintah Propinsi Sumatera Barat, supaya menyegerakan prosesnya dengan pelebaran dan aspal hotmix jalan tersebut, “ujar Ketua DPRD Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, dalam percakapan dengan Haluan di gedung dewan setempat, Kamis kemarin.

Baca Juga : Pemko dan Warga Padang Salurkan Donasi Bangun Sebuah Masjid di Sulbar

Dikatakan, kondisi jalan sekarang ini sangat mengkhawatirkan. Selain tampak sempit, juga berlubang dan berlumpur bila diguyur hujan, lagipula sulit dilewati dengan mobil. Sehingga tak layak dikatakan sebagai jalan strategis propinsi, pada hal Koto Tinggi daerah bertetangga dengan Baruah Gunung itu, sebagai pusat perjuangan PDRI mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, ulasnya.

Menurut politisi Partai Golkar itu, kedua nagari itu punya potensi yang mampu untuk dikelola dan dikembangkan. Baruh Gunung punya objek wisata alam batang Maek Kuning, Rimbo Kalayau. Nagari ini juga punya komoditas kopi, cabai, tanaman tembakau yang terkenal sejak lama di Limapuluh Kota, selain itu terdapat tanaman pangan. Sedangkan Koto Tinggi punya komoditi Jeruk Siam Gunung Omeh (JESIGO), kopi, kakao dan padi.

Baca Juga : Mahyeldi Sebut Mendagri Bakal Berkunjung ke Sumbar

Pantauan Haluan ke lokasi belum lama ini melihat, selain badan jalan yang sempit, rata rata lebar jalan hanya 3 meter, sangat banyak tikungan, rawan terjadi kecelakaan lalulintas. Disisi lain bahu jalan cendrung tidak ter­pelihara, ditumbuhi semak belukar, sehingga ketika mobil berpapasan di jalan tersebut, terpaksa mencari tempat lowong untuk menghindar.

Di beberapa titik jalan rawan ditimpa longsor dan dibeberapa titik pula badan jalan rawan longsor masuk sungai, akibat sebagian badan jalan berbatasan langsung dengan bibir sungai maupun jurang. Selain itu, drainase yang memadai tidak tersedia, jalan lebih banyak tanpa drainase.

Baca Juga : Gelombang Laut 4 Meter Diprediksi di Samudera Hindia Barat Bengkulu

Masyarakat sangat meng­harap­kan agar Pimprov Sum­bar, menyegarakan perbaikan dan pelebaran jalan ke daerah perjuangan ini, supaya hubungan dari Paya­kumbuh-Suliki-Koto Tinggi, baruh Gunung, Sungai Naning, semakin lancar. Lagipula sejak dua tahun terakhir dikerjakan pembangunan musium PDRI di Jorong Aie Angek, Koto Tinggi.

Pemuka masyarakat Jorong Aie Angek, Z.Dt. Perpatiah sebelumnya menyebut, walau masyarakat sudah mendengar akan ada perbaikan jalan Baruah Gunung-Koto Tinggi melewati Jorong Aie Angek yang  akan diperlebar. Namun, ruas jalan Batu Bauak Sungai Rimbang, Tanjung Bungo ke Koto Tangah, hendaknya dapat pula proyek pelebaran jalan. Sehingga untuk mencapai Baruah Gunung dari Sungai Rimbang dan Tanjung Bungo, Suliki, semakin cepat.(h/zkf)

Baca Juga : Pelantikan 2 Bupati Terpilih di Sumbar Digelar 26 April 2021

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]