KPI Dorong Kaum Perempuan Maju di Pilkada Sumbar


Kamis, 26 Maret 2015 - 19:35:53 WIB
KPI Dorong Kaum Perempuan Maju di Pilkada Sumbar

Dikatakan, politisi perem­puan di parlemen harus didukung untuk maju di Pilka­da. Hal ini jelas Dian, me­ngingat masih minimnya parti­sipasi kaum pe­rem­paun untuk maju sebagai calon kepa­la daerah. Padahal, figur pemim­pin pe­rempuan sangat di­bu­tuh­kan. Sebab, mereka adalah pe­nyambung suara ba­­gi pe­rem­puan-perempuan lain un­tuk ikut mem­be­rikan masu­kan ter­hadap kebijakan pe­me­r­in­tah dalam pembangunan.

Baca Juga : Pesantren Ramadan 1442 H Resmi Dibuka, Wali Kota Padang: Agar Memberikan Manfaat

“Selain bisa ikut ambil andil dalam proses pengam­bilan kebijakan, seorang pe­rem­puan yang aktif di politik juga bisa memberikan perha­tian yang lebih terhadap per­ma­salahan sosial yang terjadi di masyarakat. Dan ikut serta mencari solusi terhadap masa­lah yang ada tersebut,” jelas Dian.

Tak hanya mendorong po­li­tisi perempuan di parlemen untuk maju di hajatan pemi­lihan kepala daerah, keda­tangan KPI ke DPRD Sumbar terang Dian, juga sekaligus untuk menggagas terben­tuk­nya forum Kaukus Perem­puan Parlemen (KPP) Sum­bar. Forum ini nantinya bisa dimanfaatkaan sebagai ajang tukar pikiran bagi seluruh politisi pe­rem­puan di Sum­bar.“Saat ber­­ke­cim­pung di politik, ja­lan yang dilalui seo­rang pe­rempuan ti­dak­lah sela­lu mu­lus. Tak jarang ke­tika me­mutuskan masuk ke dunia politik, me­reka masih menga­lami diskriminasi, baik dari partai po­litik maupun pihak lainnya. De­ngan adanya forum KPP, diha­rapkan sejumlah perma­sala­han tadi bisa terpecahkan,” lugasnya.

Baca Juga : Ny Genny Hendri Septa Jabat Ketua Yayasan Pertiwi Kota Padang

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Armiati, me­nyam­but baik adanya perha­tian dan dukungan KPI terha­dap para politisi perempaun, khususnya di DPRD Sumbar. Dukungan tersebut kata Armiati, jelas sangat dibu­tuh­kan sebagai penyemangat pe­rem­puan untuk percaya diri tampil di kancah politik.

“Insya Allah, saya siap untuk maju sebagai calon kepala daerah di Agam. Selain saya, dua rekan lain yang juga sama-sama dari Komisi V (Izzati Aziz dan Zuzmawati), juga telah siap maju di Paria­man dan Pasaman,” ujar Ar­miati. Terkait pembentukan forum KPP, Izzati Aziz me­nyebut jika rencana itu akan menjadi lompatan besar dalam mendorong kebangkitan kaum perempuan di dunia per­poli­tikan. Melalui forum itu, pi­hak­nya juga akan terus me­ningkatkan intensitas pelak­sanaan berbagai kegiatan so­sial, yang bertujuan untuk memperjuangkan perempuan untuk mendapatkan perlin­dungan dan hak yang sama.

Baca Juga : Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak

“Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan segera bentuk dan kukuhkan kepengurusan forum KPP Sumbar. Jika tidak aral melintang, peresmian dan pelantikan akan akan dilak­sanakan 21 April mendatang, bertepatan dengan hari Kar­tini,” timpal Zuzmawati. (h/mg-len)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]