Diduga Karena Kopilot Bunuh Diri


Kamis, 26 Maret 2015 - 19:36:32 WIB
Diduga Karena Kopilot Bunuh Diri

Kotak hitam Ger­manwings dengan nomor penerbangan 9525 ditemukan tim pencari beberapa jam setelah insiden. Dari rekaman CVR , diketahui kopilot masih hidup sampai detik akhir.

Baca Juga : Kinerja Perekonomian Maret 2021 Terus Melanjutkan Tren Positif

Pesawat jenis Airbus A320 rute Barcelona menuju Dussel­dorf itu menabrak pegunungan Alpen setelah menukik tajam delapan menit, dari ketinggian 1.500 kilometer di atas per­mukaan, menuju titik terakhir radar di level 200 kilometer.

Jaksa Robin me­nambah­kan, kopilot yang disebut ber­nama Andreas Lubitz masih hidup sampai pada hantaman terakhir ketika pesawat meng­hunjam daratan. “Kami men­dengar pilot meminta pilot kedua untuk mengendalikan pesawat. Kami mendengar, pada saat yang sama, suara kursi digerakkan ke belakang dan suara pintu ditutup,” tutur Robin kepada para wartawan.

Baca Juga : Harga Bawang Putih dan Merah Naik di Pasar Raya Padang, Cabai Turun

“Pada saat itu, pilot kedua mengendalikan pesawat sen­dirian. Ketika dia sendiri, pilot kedua menekan tombol sistem pengawasan penerbangan un­tuk mengambil tindakan me­nurun­kan pesawat,” tambah Robin.

“Tindakan untuk me­ngen­dalikan ketinggian ini hanya bisa dilakukan secara sengaja,” dia menambahkan.

Baca Juga : REC, Menjaga Bumi Sekaligus Berbagi dengan Sesama

Sebelumnya, surat kabar The New York Times mengu­tip seorang penyidik yang tidak disebutkan namanya bahwa salah seorang pilot—tidak jelas apakah kapten pilot atau ko­pilot ke luar kokpit, tetapi tidak bisa masuk kembali.

Direktor Badan Penyelidik Penerbangan Perancis Remi Jouty mengatakan, analisis menyeluruh dari kotak hitam perekam suara di kokpit mem­butuhkan waktu beberapa pekan atau beberapa bulan.

Baca Juga : Peringati Hari Kartini, Bhayangkari dan PT Grab Tandatangan MoU Digitalisasi UMKM se-Indonesia

Hingga saat ini, tambah Jouty, kotak hitam kedua yang merekam data pe­nerbangan masih belum ditemukan. (h/bbc/dn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]