Soal Jilbab, Polwan Sumbar Tunggu Petunjuk Teknis


Kamis, 26 Maret 2015 - 19:47:54 WIB
Soal Jilbab, Polwan Sumbar Tunggu Petunjuk Teknis

“Nah, sekarangkan sudah ada keputusannya, tentu lebih kuat. Tapi kami tetap akan menunggu petunjuk teknis dari pimpinan,”kata Mita lagi.

Baca Juga : Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang

Hal senada juga disam­paikan AKP Refdi. Perwira pertama di Ditpam Obvit juga menanti petunjuk lebih lanjut tentang tata cara penggunaan seragam itu. “Kami masih me­nunggu sehingga sesuai de­ngan arahan pim­pinan,” katanya.

Menanggapi ini, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto yang dihubungi Haluan mengatakan, Polda Sumbar siap melaksanakan ke­bijakan tersebut. Bambang me­nye­butkan, ia memberikan kebe­basan kepada Polwan un­tuk memilih berjilbab atau tidak.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

“Kalau pilihannya ber­jilbab, maka dapat meng­gu­nakan jilbab  yang sesuai keten­tuan yang berlaku, antara lain model tunggal polos atau tanpa emblem, warna yang dise­suaikan dengan warna pa­kaian,”kata jenderal ber­bin­tang satu ini.

Menurutnya, keputusan itu diatur dalam keputusan Ka­polri No 245/III/2015 tanggal 25 Maret 2015  tentang peru­bahan atas sebagian surat kepu­tusan Kapolri no pol SKEP/702/X/2005 tanggal 30 Sep­tember 2006 tentang sebutan penggunaan pakaian dinas seragam Polri dan PNS Polri.

Sementara itu, Kapolresta Pa­dang Kombes Pol Wisnu Andayana saat dihubungi Haluan, Kamis (26/3) mengatakan bahwa soal Polisi Wanita (Polwan) Berjilbab sangat mendukung. Seperti Polwan di Aceh yang sudah diwajibkan berjilbab semoga bisa langsung direalisasikan di Kota Padang.

“Alhamdulillah sekali bisa ada kebijakan dan keputusan seperti itu. Selain akan menjadikan tertib, mudah-mudahan juga bisa menekan angka kejahatan di masyarakat kita,” ujar Wisnu.

Lebih lanjut Wisnu mengatakan bahwa, selain wanita bisa menjaga auratnya hal ini akan menjadi kese­ragaman yang sangat indah. “Untuk pelaksanaannya kita masih menung­gu dari Polda. Tentu saja harus ada restu dari Kapolda,” tambahnya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayit­no yang dihubungi terpisah men­dukung keputusan yang mengi­zinkan Polisi Wanita (Polwan) berhijab. Menurut Gubernur ini adalah langkah yang sangat bagus dan sesuai dengan syariat Islam.

“Kita tentunya sangat mendu­kung hal ini, apalagi sesuai dengan falsafah orang Minangkabau ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’ . Aturan ini tentunya sejalan dengan ini,” ujar Gubernur Kamis (26/3) kemarin ditemui di gedung pertemuan Lembaga Pen­jamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar.

Ia melanjutkan, apabila ini me­mang sudah menjadi ketentuan akan sangat bagus, sehingg bagi Polwan bisa menjaga auratnya. “Ini sangat bagus dan kita mendukung,” tutup­nya (h/mg-win/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]