12 Kecamatan di Batam Akan Dimekarkan


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:15:44 WIB
12 Kecamatan di Batam Akan Dimekarkan

Kecamatan Sagulung dan Keca­matan Batam Kota masing-masing akan dimekar­kan menjadi 3 kecamatan. Sementara beberapa kecamatan lainnya dimekarkan menjadi minimum 2 keca­matan.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

“Yang mungkin Sagulung menjadi 3 Kecamatan, Batam Kota menjadi 3 Kecamatn, lainnya minimun 2. Mungkin di Sekupang menjadi Kecamatan Seku­pang dan Kecamatan Tiban, lalu Lubuk Baja mekar menjadi Kecamatan Lubuk Baja dan Kecamatan Nagoya,” paparnya.

Sementara 2 Kecamatan hinterland, yakni kecamatan Belakang Padang dan Kecamatan Galang belum bisa dipas­tikan. Kecamatan Belakang Padang memunkinkan untuk dimekarkan bila 3 proyek besar yang dicanangkan disana sudah berjalan.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

“Belakang Padang, jika beberapa Proyek besar seperti  pulau Janda Berhias, dan Fantasi Island (pulau Manis) berjalan, itu bisa dijadikan 2 Kecamatan,” jelasnya. Sementara Keca­matan Galang be­lum bis dimekarkan tahun ini. Menurut­nya jika pertumbuhan pembangunan di kecamatan tersebut bertumbuh pesat, maka Kecamatan Galang bisa saja dimekarkan menjadi 2 Kecamatan. Namun harus dilakukan kajian akademis terlebih dahulu.

“Di Rempang Galang, bisa jadi 2 Kecamatan kalau pembangunan sudah berjalan. Proyeksi kita, kalau Rempang Galang di Buka, akan booming nantinya, tapi nanti akan ada kajian dulu lah,” jelasnya.

Gubernur Kepri, HM Sani mendu­kung pemekaran kecamatan yang renca­n­nay akan dilaksankaan pada anggaran perubahan mendatang. Menurutnya, pertumbuhan penduduk di Batam yang tinggi membuat jumlah penduduk di Batam membludak. Jika tidak disertai rasio yang tepat, maka dipastikan pela­yanan masyaraat di tingkat kecamatan akan terganggu. “Pertumbuhan penduduk Batam paling tinggi se Indonesia, 7,5 persen. Kalau teralu luas dan pendu­duknya terlalu padat, maka akan membe­ratkan memberikan pelayanan. Saya rasa peme­karan kecamatan sudah perlu dila­ku­kan,” ujarnya memberikan duku­ngan.

Menurutnya, pemerintahan erat kai­tan­nya dngan pelayanan yang prima yang harus diberikan kepada masyarakat. Kalau penduduknya terlalu padat, ditam­bah areal yang luas, maka akan lebih menyulitkan dalam memberikan pela­yanan. (hk)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]