Pemkab Pessel Segera Lakukan Eliminasi


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:19:13 WIB
Pemkab Pessel Segera Lakukan Eliminasi

“Catatan kita, jumlah po­pulasi anjing di Pessel terus meningkat dari tahun ke ta­hun­nya. Kita khawatir terha­dap keselamatan masyarakat, dimana saat ini diprediksi perkembangan populasi anjing mencapai 20 ribu ekor di Pessel,” sebutnya.

Baca Juga : Gubernur Hendaknya Segera Upayakan Pemulihan Ekonomi

Kegiatan peracunan anjing liar dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Sedangkan tahun ini, sasaran utama (khu­sus) adalah daerah kawasan wisata. Kemudian juga pada daerah kasus rabies bila ter­jadi wabah oleh tim yang terdiri dari petugas kecamatan, petu­gas medis dan para medis PT Veteriner, TNI, Polri, anggota Porbi, masyarakat dan lainnya.

Sedangkan daerah yang rawan terhadap rabies, yaitu Kecamatan Bayang dan Keca­matan IV Jurai, Pessel, kemu­dian juga dilakukan penang­kapan anjing lepas oleh petu­gas Partisipasi  Desis Surva­i­lance Respont  (PDSR) de­ngan sasa­ran daerah keramai­an  seperti, pasar, halaman perkantoran dan daerah kawasan wisata.

Baca Juga : Ribuan Nakes di Sumbar Belum Divaksin

Hewan (anjing) yang terja­ring oleh petugas, selanjutnya akan diberikan vaksinasi rabies sebelum diserahkan kepada pemiliknya. Sedangkan anjing yang tidak bertuan (tanpa pemilik), akan dilakukan auto­nasi, sebelum dilakukan eli­ma­si dan penangkapan anjing liar dilaksanakan sosialisasi Komonikasi Informasi Edu­cationa (KIE) terutama sasa­rannya para  pelajar SD, SMP, dan SMA sederajatnya, masya­rakat dan anggota Persatuan Buru Babi (Porbi) di Pessel.

Bagi masyarakat yang ter­kena gigitan  Hewan Pemba­wa Rabies (HPR), supaya segera mengunjungi Poskes­wan dan Puskesmas yang ada di daerah, guna pengobatan dan pencegahan tertularnya virus rabies yang mematikan, kepada masyarakat diimbau agar mengikat hewan pelihara­anya dengan tali agar tidak berkeliaran dan meresah­kan lingkungan masyarakat.

Baca Juga : Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu

Bila ditemui anjing yang berkelaran disepanjang jalan, maupun pada daerah pemu­kiman penduduk, tim tidak akan segan-segan menangkap dan membunuhnya. Maka un­tuk mewujudkan lingkungan aman dan bebas dari rabies jelas menuntut kesadaran pe­mi­lik ternak supaya bisa me­me­liharan hewan pelihara­anya dengan baik. (h/mjn)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 21:42:28 WIB

    Gubernur Hendaknya Segera Upayakan Pemulihan Ekonomi

    Gubernur Hendaknya Segera Upayakan Pemulihan Ekonomi Pasangan Kepala Daerah Sumbar periode 2021-2024 H. Mahyeldi Anshrullah SP – Audy Joinaldy S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng diharapkan segera melakukan upaya pemulihan ekonomi Sumatera Barat. Kepemimpinan Mahyeldi harus lebih.
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 21:19:09 WIB

    Ribuan Nakes di Sumbar Belum Divaksin

    Ribuan Nakes di Sumbar Belum Divaksin Dari 32.391 tenaga kesehatan (Nakes) yang masuk daftar mendapat vaksin Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar), saat ini baru 25 ribu yang telah mendapat suntikan. Persentase vaksinasi baru mencapai 79 persen..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 19:56:01 WIB

    Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu

    Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku Jumat (26/2/2021) sampai Sabtu (27/2/2021), diperkirakan ada angin kenca.
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 19:51:54 WIB

    Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM

    Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM Tidak hanya masalah keamanan dan ketertiban, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga menjadi perhatian khusus jajaran kepolisian. Pandemi Covid-19 berpengaruh kepada banyak kesejahteraan dan pendapatan warga..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 19:40:56 WIB

    Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi

    Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH datang berkunjung ke Nagari Sikucua Barat. Di sana ia mengajak warga berdialog membahas mengenai penanganan nagari dan diskusi lainnya..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]