Rakyat Tak Antusias Sambut Pilkada


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:20:19 WIB
Rakyat  Tak  Antusias  Sambut  Pilkada

Walau   telah  dipublis tahapan Pilkada serentak oleh KPU, pelaksanaan dijadwal­kan 9 Desember 2015 menda­tang, namun tidak ada aktifitas berarti di percaturan suksesi bupati Limapuluh Kota.

Baca Juga : Dinilai Melanggar Prokes, Pertandingan Koa Dibubarkan Polisi

Kelesuan  menyambut Pil­ka­da juga tampak di kalangan politisi. Tim seleksi penca­lonan Partai Demokrat, Hj Aida mengakui belum ada lanjutan proses. Kecuali pene­rimaan pendaftaran balonbup yang masih dibuka hingga saat ini. “Memang belum ada kegia­tan resmi yang kita (Partai Demokrat,red) lakukan selain menunggu pendaftaran balon­bup. Kita menunggu Peraturan KPU lebih lanjut, “kata Aida yang juga Wakil Ketua PD Limapuluh Kota itu.

Seperti  diberitakan  sebe­lumnya,  sepuluh partai yang memiliki kursi di DPRD, dipastikan tidak bisa mengu­sung pasangan calon bupati dan wakil bupati seorang diri. Masing-masingnya harus me­nyu­sun koalisi, sehingga bisa mendaftarkan pasangan balon­bup.

Baca Juga : Sumbar Butuh Jalan Tol Padang - Pekanbaru

Sepuluh partai itu adalah, Partai Golkar dengan 6 kursi, Gerindra (5 kursi), Demokrat (5 kursi), ketiganya mendu­duki kursi pinpinan DPRD.

Sisanya, Hanura (4), PPP (4), PAN (3), PKS (2), PBB (2), PDI P (2) dan PKB dengan perolehan dua kursi. Jika UU Pilkada yang telah dilegalkan, syarat minimal tujuh kursi diparlemen, maka, dipastikan tak satupun parpol meleng­gang sendiri.

Baca Juga : Mellysa Kistiand Putri Terpilih Sebagai Runner Up I Duta GenRe Tanah Datar 2021

Terpisah, Ketua Umum Partai Hanura. Limapuluh Kota, Tedy Sutendi juga berka­ta sama. Bahkan, ia mengakui, hingga kini, belum ada tahapan yang dapat dilakukan partai­nya. Pascapenandatanganan MoU, pembentukan koalisi 50 Ok, bersama PKB dan PDI P, Hanura masih sebatas ambil posisi ancang-ancang.

“Secara khusus memang, Hanura masih menunggu wak­tu. Kita bersama anggota koa­lisi, tetap melakukan kegia­tan penyamaan visi dan misi. Sembari itu, kita tetap lirik figur-figur yang menurut koa­lisi memungkinkan, “kata Tedy.

Baca Juga : 10 Calon Pimpinan Baznas Pariaman Ikuti Seleksi Tahap Wawancara

Hal yang sama juga diungkapkan Ferizal Ridwan, Ketum PKB setempat. Mela­lui tagline, berpolitik dengan Rahmatan lil alamin, PKB sudah berada dalam posisi star. “Jika pilkada dilakukan saat ini, PKB dan Koalisi 50Ok paling siap. Apalagi, kita sudah didukung pengurus pusat ma­sing-masing, “tegas mantan anggota DPRD Limapuluh Kota itu.

Komisioner KPU Lima­puluh Kota, Budi Mulya tidak menampik. Lengangnya taha­pan pilkada, karena hingga saat ini, KPU masih dalam mema­cu finalisasi tahapan pilkada serentak. (h/nto/dn)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]