Anggaran Makan Minum DPRD Fantastis


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:24:11 WIB
Anggaran Makan Minum DPRD Fantastis

Pantauan Haluan selama ini, tidak banyak tamu pim­pinan yang berkunjung ke DPRD Kota Padang. Bahkan, dalam dua bulan terakhir, gedung DPRD Kota Padang sering terlihat kosong, karena agen­da kunjungan kerja (kun­ker) anggota dewan.

Baca Juga : Pipa Perumda AM di Sungai Lareh Padang Bocor, Ini Daerah Terdampak

Sekretaris Dewan Kota Padang, Ali Basyar berdalih anggaran sebesar Rp554 juta tidak dialokasikan untuk pim­pinan, namun untuk agenda seluruh alat kelengkapan de­wan. “Alokasi dana tersebut tidak untuk makan minum pimpinan dewan saja, tapi juga makan minum kegiatan alat kelengkapan dewan, termasuk hearing dengan SKPD,” ka­tanya, Kamis (26/3).

Kendati Ali Basyar me­nyebut anggaran tersebut juga termasuk makan minum, hea­ring dengan SKPD, fak­tanya dalam APBD 2015, alokasi anggaran rapat-rapat AKD juga diang­garkan sebesar Rp371.­609.500. Sementara untuk makan minum hearing dengan SKPD dan tokoh masyarakat punya pagu anggaran tersendiri sebesar Rp157.000.000.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

Total anggaran mamin Rp554 ju­ta ini, dinilai cukup besar mengingat setiap anggota dewan telah mendapat tun­jangan uang makan yang dima­sukan ke dalam gajinya. Iro­nisnya, Rp554 juta ini bisa membantu rehab gedung se­kolah. Sementara Koalisi Ma­syarakat Sumbar, Miko Kamal mengingatkan penganggaran uang makan minum pimpinan dewan rawan disalahgunakan. Untuk itu, Miko menyarankan perlu transparansi dalam peng­gunaan anggaran tersebut.

“DPRD harus men­jelas­kan, ke publik peruntukan uang makan minum tersebut secara terperinci, sehingga tidak muncul kecurigaan dari masyarakat. Terlebih lagi, anggaran makan minum ini bisa jadi temuan penegakkan hukum, jika terdapat kerugian negara,” jelasnya.

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Pada kesempatan ini, Miko Kamal juga menyarankan se­baiknya anggaran sebanyak itu dipakai untuk kesejahteraan masyarakat. Apalagi, tam­bahnya, angka kemiskinan di Kota Padang masih tinggi. (h/ade)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]