Warga Pauh Keluhkan Aktivitas Pemulung Bongkar Sampah


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:24:37 WIB
Warga Pauh Keluhkan Aktivitas Pemulung Bongkar Sampah

Rizki Abdilla (23), warga lainnya juga menyampaikan keluhan yang sama. Namun, ia mengaku sebenarnya tindakan membuang sampah ke taman jalan juga tidak dibenarkan. Tapi, minimnya ketersediaan bak sampah di sepanjang Jalan M. Hatta, menjadi penyebab warga membuang sampah di taman jalan yang juga berfungsi sebagai pembatas.

Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kota Padang, Kadinkes: Mendekati Zona Kuning

“Tukang raok seenaknya saja membongkar sampah, lalu dibiarkan saja sampah me­luber ke jalan. Walaupun se­benarnya tak boleh mem­buang sampah di taman jalan, tapi warga melakukannya karena tak ada bak sampah. Sebagian petugas juga membolehkan warga mem­buang sampah di taman jalan, agar petugas itu bisa dengan mudah me­nge­ruknya ke atas mobil sampah,” ucap Rizki.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang, Afrizal Khaidir beberapa wak­tu yang lalu menyampaikan pada Haluan, ia tidak pernah mengintruksikan anak buah­nya untuk meminta warga mele­takkan sampah di taman jalan. Sementara perihal ku­rangnya bak sampah di bebe­rapa lokasi, lebih pada tidak tersedianya lokasi strategis untuk me­letakkan bak sampah.

Baca Juga : Sidak ASN Pemko Padang, Arfian: Tingkat Kehadiran Mencapai 99 Persen 

“Tidak mungkin petugas kebersihan yang meminta war­ga untuk meletakkan sampah di taman jalan, fungsi taman jalan bukan itu. Lagipula, jika petugas memunguti sampah dari taman pembatas jalan, tentu akan sangat mem­ba­hayakan nyawa mereka, karena akan banyak mobil yang me­lintas,” ucap Afrizal.

Ia beharap, agar kesadaran warga terhadap membuang sampah pada tempatnya terus dibangun. Karena jika tidak ada warga yang membuang sampah di taman jalan, tentu pemulung juga tidak akan membongkar sampah di tem­pat tersebut dan mem­biar­kannya bertebaran begitu saja. (h/mg-isq)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]