Korut Tolak Tuduhan Korsel Soal Nuklir


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:26:48 WIB
Korut Tolak Tuduhan Korsel Soal Nuklir

Menurut lembaga tersebut, tuduhan itu memperlihatkan usaha kejam Korsel mengalihkan tanggung jawab atas ketegangan hubungan kedua negara tersebut.

Baca Juga : Hebat! Kerupuk Ikan Produk UMKM Yan Cik Tembus Pasar Singapura

Pada pekan lalu, Korsel menuduh Korut berusaha menyebabkan kekacauan sosial melalui serangan maya pada pembangkit nuklirnya dan menganggap negara pimpinan Kim Jong-un ancaman terhadap kehidupan dan keamanan rakyat Selatan.

Peretasan itu bermula pada Desember 2014, ketika para peretas mempublikasikan desain, buku petunjuk dan informasi lain tentang reaktor nuklir Korea Selatan di laman Twitter, bersama informasi pribadi para karyawan.

Baca Juga : Rahmathan Lil Alamin Boarding School Nikmati Layanan Premium PLN

Kebocoran itu membuat Seoul memperketat keamanan dunia mayanya dan melakukan penyelidikan yang melibatkan para ahli, pejabat pemerintah dan kejaksaan negara.

Korea Selatan kerap menyalahkan peretas Korut atas serangkaian serangan maya terhadap lembaga militer, perbankan, kantor pemerintah, siaran televisi dan laman media dalam beberapa tahun belakangan.

AS juga menuding Korut berada di balik serangan maya terhadap Sony, terkait film kontroversial “The Interview” yang bercerita tentang pembunuhan Kim Jong-Un pada tahun 2014. Korut juga membantah mereka terlibat dalam peretasan “The Interview”, namun secara tegas mengutuk film itu.

Ketegangan di antara kedua negara itu meningkat setelah Korea Selatan pada Maret 2015 melakukan pelatihan militer bersama Amerika Serikat. Kegiatan itu dikecam Korut, yang menyebutnya langkah provaktif, demikian AFP melaporkan. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]