Banyak Pelaku Korupsi di Daerah


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:33:18 WIB

“Kita percaya mampu mem­berantas korupsi yang nanti bisa diukur melalui indeks korupsi, khususnya pengelolaan SDA (sum­ber daya alam-red), DPD dia­jak ikut terlibat melakukan pencegahan agar lebih transparan, akuntabel,” imbuhnya.

Irman berharap, pertemuan dengan lembaga antirasuah tidak terjadi pada kali ini saja. Ke depan kata dia, ia akan menggelar per­temuan rutin dengan KPK. “Saya harap bukan untuk hari saja ini, tapi berkesinambungan,” sambungnya.

Pimpinan KPK yang meng­hadiri pertemuan itu ialah Tau­fiqurrahman Ruki, Zulkarnain dan Adnan Pandu Praja.

Sementara Johan Budi yang dijadwalkan hadir, memilih untuk beristirahat lantaran sedang men­derita demam dan flu. “Pak Johan sedang sakit, jadi batal hadir,” pungkasnya.

Plt Ketua KPK, Taufi­qur­rah­man Ruki dalam pertemuan itu menyebut adanya tumpang tindih perizinan dan peruntukan kawasan di daerah yang menyebabkan mun­culnya potensi kerugian negara di berbagai daerah.

“Banyak hal yang perlu dibe­nahi, tumpang tindih perizinan dan peruntukan kawasan. Kami ingin meminjam ‘tangan’ DPD karena mereka punya akses pencegahan yang lebih berdaya guna,” jelas Ruki.

Ke depan, lanjut Ruki, lembaga antirasuah itu akan memak­simal­kan upaya pencegahan ketimbang upaya penindakan. Meski tidak ramai dari pantauan publik, Ruki menyebut selama kurun waktu 2013-2014, KPK berhasil menye­lamatkan Rp34 triliun dari pen­cegahan pengadaan barang.

Selain itu, dalam sektor batu bara, KPK juga berhasil me­mak­simalkan Penerimaan Negara Bu­kan Pajak (PNBP) hingga Rp10 triliun. “Pertanian, perikanan juga ada 1.400 kapal pemiliknya tidak punya NPWP dan tidak bayar pajak,” imbuhnya.

Sementara dalam hal perizinan, lanjut Ruki, terdapat 1.323.000 ribu hektare lahan yang dialihfungsikan. Lalu ada pula 9.436.000 hektare hutan lindung dan hutan produksi yang berubah peruntukannya. “Ka­mi sampaikan itu untuk perbaikan lingkungan dan amanat Pasal 33 UUD,” pungkasnya. (okz/met)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]