Olga Syahputra, Komedian yang Taat Ibadah itu Tutup Usia


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:37:01 WIB
Olga Syahputra, Komedian yang Taat Ibadah itu Tutup Usia

Still can’t believe it, so sad and so quickly. I wish it was just a bad dream :’( #RIPOlgaSyahputra Rest In Paradise,” kicau salah satu peng­guna Twitter.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Sang manajer, Mak Vera memas­tikan kabar Olga tutup usia. “In­nalillahi wa inalillahi rojiun telah berpulang kesayangan mak olga syahputra di jam 5.17 sore di hari jumat. minta doa buat kesayangan mak,” tulis Mak Vera lewat pesan berantai via BlackBerry Messenger.

Pemilik nama asli Yoga Syah­putra itu diketahui sudah hampir setahun dirawat di rumah sakit. Olga selama ini diketahui menderita penyakit meningitis.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Olga dirawat sejak Mei 2014 lalu. Hingga kini kakak Billy Syahputra itu tak pernah sekalipun pulang ke Tanah Air. Sebelum terbang ke Singapura, artis serbabisa itu pernah berobat hingga ke pengobatan alternatif. Tapi benjolan di lehernya justru makin tampak.

Tapi pertengahan 2014, Olga disebut menderita kanker kelenjar getah bening stadium 4. Padahal sebelumnya, Olga dikabarkan sudah dalam kondisi membaik. Sang adik, Billy selalu menyebut kakaknya itu sudah bisa berkomunikasi dan menunjukkan progres yang baik.

Daiz La Ode, seorang manajer boyband Motion memiliki kena­ngan sendiri dengan sosok Olga Syahputra. Meski tak sedekat layak­nya sahabat, Daiz mengaku kerap teringat kata-kata Olga, sehingga dia lebih mende­katkan diri kepada Tuhan.

Ya, saat Motion mengisi sebuah acara musik, Olga yang saat itu sedang break (istirahat) mengajak Daiz salat duha. Daiz pun terkejut tak menyangka Olga sangat religius.

“Waktu itu saya mengantar anak-anak (Motion) live. Pas break saya lihat Olga salat duha. Dia pun sempat mengajak. ‘Hayoo shalat’,” ujar Daiz.

Menurut jadwal, jenazah sang pelawak baru akan tiba besok pagi. Hal tersebut diungkapkan oleh Taufik Hidayat, Ketua RT di rumah duka yang berada di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. “Adik ipar Olga meminta saya untuk mengurus, sampai dimakamin. Info yang saya tahu besok pagi Olga akan tiba di sini,” katanya.

Olga akan dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Sabtu (28/3) besok. “Dimakamin sebelum dzuhur, Insya Allah,” katanya.

Tekun dan Kreatif

Nama Olga mulai melambung ketika ia menjadi salah satu pem­bawa acara program ‘Ceriwis’ Trans TV bersama Indra Bekti dan Indy Barends pada 2007. Dalam acara bincang-bincang santai itu, Olga begitu klop dengan Indra dan Indy yang juga memiliki selera humor tinggi. Kehadiran Olga makin meng­hidupkan suasana.

Setahun kemudian, Olga menjadi presenter TV acara musik ‘Dahsyat’ di stasiun RCTI bersama Luna Maya dan Raffi Ahmad. Jika dalam acara sebelumnya ia lebih sebagai pen­dukung, di acara musik ini Olga memiliki peran vital.

Sikap Olga yang blak-blakan dan spontan, membuat tiap acara yang dibawakannya meriah. Bahkan Olga disebut-sebut memiliki honor hing­ga Rp 30 juta dalam sekali syuting. Ditambah dengan karakternya yang riang, lelucon Olga yang ditimpali Raffi sempat membuat acara yang dibawakannya begitu populer, mes­ki­pun kritik juga sering dida­pat­kannya karena lelucon yang men­g­a­rah mencela fisik orang lain.

“Ya Allah, Olga dikasih rezeki yang nggak putus-putus. Bersyukur banget,” katanya dalam sebuah wawancara yang ditayangkan !nsert. Olga berkaca-kaca dan nampak terharu saat mengucapkan rasa syu­kur­nya dalam wawancara tersebut.

Perjuangan Olga hingga men­dapat pencapaian tertinggi dalam karier, tak lepas dari kecintaannya pada industri hiburan. Dulu, ia hanyalah seorang penggemar yang getol datang ke lokasi syuting dan me­nunggu berjam-jam untuk men­da­pat­kan foto dan tanda tangan idolanya.

Karena sering ke lokasi syuting, sulung dari 7 bersaudara pasangan Nur Rahman dan Nurshida ini kemudian ditawari ikut main di film ‘Lenong Bocah.’ Tetapi, ia diha­ruskan latihan terlebih dahulu di Sanggar Ananda.

Keterbatasan ekonomi tak mem­buatnya menyerah. Olga bahkan dikabarkan menjual kulkasnya agar bisa membayar kursus. Per­jua­ngannya untuk masuk industri ber­buah hasil lewat peran-peran kecil di sinetron, dan kemudian lebih fokus di dunia presenting.

Tetapi Olga juga tetap menjalani tawaran-tawaran syuting yang da­tang. Hingga mimpi itu benar-benar berbuah manis. Tak hanya film, sinetron, dan sitkom, Olga juga sempat merilis lagu ‘Hancur Hatiku’ (2009) dan ‘Jangan Ganggu Aku Lagi’ (2010) yang keduanya meru­pakan lagu ciptaan Charly Setia Band dengan label Nagaswara.

Olga tak hanya bisa membeli rumah dan mobil mewah senilai milyaran. Ia juga menginvestasikan pundi-pundi rupiah dari keringatnya untuk membuat bisnis pakaian. Meskipun sudah tajir dan terkenal, Olga yang biasa dipanggil ‘Emak’ oleh para penggemarnya ini selalu rendah hati.

Hingga kemudian tawa dari Olga mulai jarang terlihat di televisi. Pada April 2014 Olga dikabarkan menga­lami penyakit radang selaput otak. Ia sering mengeluh sakit kepala, diiringi daya tahan tubuh yang terus menurun.

Pria yang sudah membintangi 10 judul film itu  kemudian lebih fokus menyembuhkan kesehatannya dan melakukan perawatan di berbagai rumah sakit. (h/net/mat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]