Kapal Pembawa BBM Ilegal Terbakar di Pasie nan Tigo


Jumat, 27 Maret 2015 - 19:39:25 WIB
Kapal Pembawa BBM Ilegal Terbakar di Pasie nan Tigo

Karena kobaran api semakin membesar dalam waktu yang cukup singkat, selu­ruh ABK yang berada di dalam kapal langsung berusaha me­nyelamatkan diri. Api pun dengan cepat menyebar dan membakar kapal tundo milik Edy (50) yang berada tidak jauh dari kapal bagan tersebut.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

Karena kobaran api terus membesar, warga di sekitar lokasi pun melihat kejadian ini dan berbondong-bondong berusaha memadamkan api serta menye­lamatkan barang-barang berharga yang ada di dalam kapal.

Warga juga melaporkan keja­dian ini ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang. Tidak hanya itu. Menge­tahui adanya BBM ilegal dalam kapal tersebut, warga yang geram sempat memukul ABK kapal bagan. Sesaat kemudian, datang petugas kepolisian dari Polsek Koto Tangah untuk mengamankan ABK dari amukan warga.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Dedi Hennidal mengatakan, saat mendapatkan laporan dari warga, pihaknya langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk mema­damkan api dengan empat armada dan kekuatan personil hingga 32 orang. “Butuh waktu hingga tiga jam hingga api berhasil dipadamkan,” ujar Hennidal kepada Haluan, Jumat (27/3).

Menurut Hennidal, dugaan se­men­tara api berasal dari percikan mesin kapal yang saat itu tengah diperbaiki. Akibatnya, percikan api itu menyambar 50 drum yang berisi bensin di sana. “Karena banyaknya material yang mudah terbakar di dalam kapal tersebut menyebabkan api dengan cepat membesar dan menghanguskan kapal, jelasnya.

Sementara, Kapolsek Koto Ta­ngah, Kompol Saman Matanari mengatakan bahwa pihaknya lang­sung meluncur ke lokasi setelah mendapatkan laporan warga. “Setiba di lokasi kita langsung mensterilkan dan mengamankan ABK yang sem­pat jadi amukan massa,” terang Matanari.

Setelah api berhasil dipadamkan, ABK-ABK ini langsung digiring ke Mapolsek Koto Tangah untuk di­min­tai keterangan. (h/mg-fds)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]