Dinsosnakertrans Imbau Karyawan Laporkan Perusahaan


Ahad, 29 Maret 2015 - 19:04:18 WIB
Dinsosnakertrans Imbau Karyawan Laporkan Perusahaan

Menurutnya, karyawan ha­rus berani melapor ke Din­sosnakertrans jika gaji yang diterima tidak sesuai UMR.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

“Tidak usah takut melapor karena kami melindungi atau merahasiakan identitas pe­lapor,” ujarnya di Padang Aro, beberapa waktu yang lalu.

Ia menduga, karyawan ta­kut melapor ke Din­sosna­kertrans terkait berbagai ma­salah yang terjadi di internal peru­sahaan antara perusahaan dengan ka­ryawan, karena ka­ryawan takut diin­tervensi oleh perusahaan, misalnya takut dipecat.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Jika ada karyawan yang melapor, lanjut Ermiwati, laporan itu akan dijadikan pegangan dan pedoman untuk mengambil langkah inves­tigatif ke perusahaan ber­sang­kutan.

“Jika laporan karyawab terbukti dalam hasil investigasi kami, namun perusahaan tetap berkilah atas apa yang terjadi, maka kasus tersebut akankami bawa ke pe­ngadilan,” tegasnya.

Ia berjanji, pihaknya akan menindak tegas perusahaan yang semena-mena terhadap karyawan. Alasannya, karena kesejahteraan masyarakat tidak akan tercapai jika gaji yang mereka terima tidak sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui undang-undang. Padahal, katanya, tujuan diberinya izin pendirian perusahaan di Solok Selatan adalah untuk menyejahterakan masyarakat setempat.

“Dengan gaji sesuai U­MR,maka bisa memercepat seseorang terlepas dari rantai kemiskinan yang memasung mereka, sehingga terwujudlah kesejahteraan yang diha­rap­kan,” katanya.

Ia menambahkan, bila ti­dak ada laporan resmi dari karyawan, maka masalah yang timbul di dalam sebuah peru­sahaan seperti gaji karyawab di bawah UMR, dianggap isu belaka, walau pihaknya men­dengar isu tersebut. (h/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]