Taspen Kelola JKK dan JKM PNS


Ahad, 29 Maret 2015 - 19:05:08 WIB
Taspen Kelola JKK dan JKM PNS

Menurut Sugiyono, UU No 5 Tahun 2014 tentang Apa­ratur Sipil Negara (ASN) telah me­nye­butkan bahwa JKK dan JKM untuk PNS akan dikelola oleh Taspen. Untuk menja­lankan program tersebut, kini Taspen sedang menunggu Pera­turan Pemerintah (PP) un­dang-undang ASN tersebut, yang tak lama lagi PP itu akan dite­r­bitkan.

Baca Juga : Arab Saudi Tegaskan Belum Ada Instruksi Resmi tentang Haji Tahun Ini

“Memasuki semester II tahun anggaran 2015 men­da­tang, PT Taspen (Persero) yang dipercaya Pemerintah mengu­rus pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus ber­komitmen meningkatkan pela­yanan teru­tama pelayanan kepada pen­siunan,” ujar Su­giyono.

Sugiyono menjelaskan, de­ngan adanya dua produk baru itu, berarti akan ada  empat program untuk Aparatur Sipil Negara atau PNS yang akan di cover oleh PT Taspen (Per­sero), diantaranya Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan, Jaminan Kematian (JKM). Ditambahkannya, un­tuk semester I/2015 ini ham­pir selesai harmonisasi Pera­turan Pemerintah (PP) tentang Pe­ngo­­lahan JKK dan JKM yang dibuat antara Kantor Pusat PT TASPEN (Persero), Ke­men­terian Keuangan, Ke­menterian BUMN dan, Ke­menterian PAN/RB.

Baca Juga : 'Tsunami' Covid-19 India Makin Menggila, Anak Muda yang Meninggal Semakin Banyak

Dari hasil harmonisasi dengan beberapa lembaga ter­se­but diharapkan selesai  semester I tahun ini, sehingga pada bulan April nanti, kedua program tersebut (JKK dan JKM) sudah bisa berjalan,” ulas Sugiyono.

Guna menjalankan dua program tersebut, Mana­ge­ment PT Taspen Cabang Bu­kittinggi menurut Sugiyono telah melakukan sosialisasi ke sejumlah stakeholder atau Pemerintah Derah serta Ins­tansi Vertikal yang ada wilayah kerja PT Taspen Cabang Bukit­tinggi yaitu melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD), DPKAD dan KPPN.

Pada tanggal 11 Maret 20­15 hingga 13 Maret 2015, PT Taspen (Persero) Cabang Bu­kit­tinggi bekerjasama dengan KPPN Bukittinggi telah mela­ku­kan sosialisasi Roadmap Tas­pen yang dihadiri seluruh Kuasa Pengguna Anggaran di wilayah kerja KPPN Bu­kit­tinggi.

Pada sesi tanya jawab para peserta mengharapkan agar pengelolaan JKK dan JKM PNS nanti dikelola PT Tas­pen,  karena dinilai sudah berpengalaman dan pelayanan Taspen selama ini juga dinilai cukup baik dengan  layanan klim satu jam. (h/wan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]