Pemkab Pessel Imbau Warga Jaga Embung Teratak Paneh


Ahad, 29 Maret 2015 - 19:06:37 WIB
Pemkab Pessel Imbau Warga Jaga Embung Teratak Paneh

Dikatakannya, perusakan akan menimbulkan dampak buruk baik bagi embung dan bisa pula bagi masyarakat sekitar. Oleh sebab itu masyarakat perlu menjaga dari upaya perusakan tangan-tangan jahil.

Dia menyebutkan, embung tersebut masih dalam proses penyelesaian saluran irigasi. Sejak beberapa waktu lalu mulai diuji coba menampung air. Air yang berasal daru hulu Ampiang Parak itu menggenang pada kawasan yang telah dibebaskan sebelumnya. Eembung yang telah menelan dana puluhan milyar itu telah mulai digenangi air semenjak satu bulan belakang.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

“Ini memang masih tahap uji coba penggenangan air pada kawasan embung. Sekiranya ada ditemukan hal hal yang tidak aman bagi warga misalnya bocor atau berbagai kendala lainnya embung akan dikeringkan lagi dan dilakukan perbaikan,” katanya menjelaskan.

Disebutkannnya, Embung Teratak Paneh Amping Parak termasuk embung yang besar dengan kemampuan menampung air yang besar pula. Panjang bendungan penahan yang meyeberangi sungi saja mencapai 150 meter, sementera panjang kawasan yang direndam sekitar dua kilometer.

Secara teknis, Embung Teratak Paneh didesain sangat bagus dengan tingkat keamanan yang baik pula. Kawasan itu pada dua sisi memnjang langsung ditahan dua perbukitan, jadi memang sangat aman, sementara konstruksi bangunan pembendung air juga sangat kokoh dan kuat. Sementara Walinagari Ampiang Parak Timur Safaruddin mengatakan, semenjak embung tersebut diuji coba penggunaannya, warga setempat mulai merasakan manfaat dari embung. Lahan perairan yang mencapai dua kilomter tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya menangkap ikan dengan perlatan tangkap.

Rusdi salah seorang pengunjung embung mengatakan, kawasan itu sangat menarik untuk dikunjungi. Selain airnya bersih, danau yang luas juga menyebabkan pengunjung betah berlama lama dikawasan ini. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]