Dishub Pasaman Pergencar Penertiban di Pasar Tumpah


Ahad, 29 Maret 2015 - 19:07:22 WIB
Dishub Pasaman Pergencar Penertiban di Pasar Tumpah

Padahal, bahu jalan yang dipakai peda­gang dan para sopir tersebut, pada umum­nya adalah jalan lintas utama. Khusus di Pasar Rao dan Tapus, untuk mengantisipasi kemacetan, dinas perhubungan rutin menurunkan personilnya.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Kepala Lapangan Asnul Rizal yang memimpin penertiban arus lalu lintas di Pasar Rao, ketika ditemui tim Haluan, menyebutkan, kondisi di jalan Pasar Rao memang telah menjadi langganan macet. apalagi hari Sabtu, karena hari itu adalah hari pasar besarnya di Kecamatan Rao. Pasar ini adalah menampung aktivitas masyarakat di lima kecamatan, yaitu Rao, Rao Utara, Rao Selatan, Mapattunggul dan Mapattunggul Selatan.

“Ya, Alhamdulillah masarakat masih mau diajak bersosialisasi sehingga penga­turan jalan lalulintas di Pasar Rao berjalan lancar, jalan  bisa dilalui dengan lancar dan aman tanpa macet lagi,” tutur Asnul Rizal.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Kepala Dishub dan Kominfo Pasaman Masril melalui Kepala Bidang Angkutan Darat Aprialdi Said menyebutkan, sebe­narnya tidak hanya di Pasar Rao saja personil Dishub diturunkan. Masih banyak lagi pasar-pasar pagi dan pasar induk kecamatan yang juga terletak di pinggir jalan.

“Penertiban lalu lintas yang rawan macet bukan hanya berpusat di Rao saja, kita lakukan di setiap pasar yang besar potensi kemacetannya. Mulai dari Keca­matan Bonjol sampai ke Kecamatan Rao. Kami turunkan sekitar 5 orang personil setiap pasarnya,” pungkasnya.

Aprialdi Said mengimbau, baik peda­gang maupun para sopir dan ojek, untuk menyadari bahwa menjajakan dagangan di bahu jalan, menurunkan penumpang di jalanan pasar, atau parkir ojek di bahu jalan di pasar, penyumbang kemacetan. Untuk itu, gunakanlah tempat yang sepatutnya sehingga tidak macet. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]an.com