Pilkada Sumbar, Empat Partai Resmi Berkoalisi


Ahad, 29 Maret 2015 - 19:35:05 WIB
Pilkada Sumbar, Empat Partai Resmi Berkoalisi

Koalisi tersebut merupakan koalisi parpol pertama di Sum­bar menyongsong pemilihan gubernur Sumbar 2015-2020 yang rencananya diadakan Desember tahun ini. Ini merupakan koalisi parpol dengan pemilik kursi ter­besar yakni 11 kursi, gabungan dari Hanura sebanyak 5 kursi, PDIP 4 kursi serta PKB dan PBB masing-masing 1 kursi.

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sediakan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Lonjakan Kasus Pasca Lebaran

Hadir saat itu Ketua DPD Ha­nura Sumbar Marlis, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman, Wakil Ketua DPW PKB Sumbar Aminullah dan Wakil Ketua DPW PBB Sumbar Komi Chaniago

“Sebanyak 11 kursi yang dipu­nyai oleh koalisi ini memang masih kurang untuk mengusung calon sendiri karena setidaknya harus ada 13 kursi di legislatif. Karenanya kita dalam menjaring bakal calon guber­nur juga memastikan apakah bakal calon tersebut mendapatkan duku­ngan dari parpol yang lain untuk memenuhi syarat kepemilikan kur­si,” ujar Marlis.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Marlis didampingi juga oleh Sekretaris partai Muslim Ha­run dan Wakil Ketua Aljufri yang juga Ketua Bappilu atau Badan Pemenangan Pemilu Hanura Sumbar.

“Koalisi ini harus bisa menjaring calon pemim­pin Sumbar yang ter­baik. Semoga juga koalisi kita ini tak hanya sampai dengan pilgub saja, namun juga berlanjut dengan koalisi di pilkada serentak 13 kabupaten/kota di Sumbar,” tambah Marlis.

Alek Indra Lukman mengatakan dengan dinyatakannya koalisi ini, maka otomatis menjadi koalisi dengan pemilikan kursi terbesar sebab parpol di legislatif yang terbesar hanya punya 9 kursi.

Bergabungnya PDI Perjuangan dalam koalisi ini juga bukan tanpa pertimbangan, karena PDIP ber­sama PBB pada 2010 berhasil memenangkan Gamawan Fauzi menjadi Gubernur Sumbar.

Lalu pada 2010, Hanura bersama mitranya juga berhasil meme­nang­kan Irwan Prayitno dan Muslim Kasim menjadi pemimpin Sumbar 2010-2015.

Wakil Ketua DPW PBB Sumbar Komi Chaniago mengatakan bahwa PBB dan PDIP pernah punya sejarah yang manis pada 2010 lalu, kare­nanya pandangan mata PBB selalu pada PDIP.

Terakhir Wakil Ketua DPW PKB Aminullah mengatakan dalam sejarahnya partainya selalu tertipu oleh kandidat calon, dan kini mereka tak mau hal itu terulang lagi.

Prosesi deklarasi diawali dengan pembacaan deklarasi oleh sekretaris masing-masing partai, diikuti oleh penandatanganan deklarasi oleh ketua/ wakil ketua dan sekretaris partai. Dalam acara adeklarasi itu juga hadir dua bakal calon Gubernur Hanura yakni Shadiq Pasadique (Bupati Tanah Datar) dan Marsekal Muda Purn Khairul Akbar. Juga bakal calon wakil gubernur Ba­haruddin R.

Partai Hanura Sumbar memiliki delapan kandidat calon gubernur. Lainnya Epyardi Asda (anggota DPR RI dari PPP), Fauzi Bahar (mantan Walikota Padang) dan Syamsu Rahim (Bupati Solok).

Lalu Muslim Kasim (Wakil Gubernur Sumbar), Muham­mad Kapitra Ampera (penga­cara se­nior), dan Mulyadi (Anggota DPR RI Fraksi De­mo­krat). (h/ita)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]