Hadapi MEA, Menteri Amran Khawatir


Senin, 30 Maret 2015 - 19:21:03 WIB
Hadapi MEA, Menteri Amran Khawatir

Kekhawatiran Amran, disebutkannya adalah harga beras Thailand saat ini yang hanya senilai  Rp4000 perkilonya. Sementara harga beras Indonesia yang layak makan mencapai  Rp10.000 perkilonya.

Jika MEA berlaku saat ini, maka masyarakat Indonesia akan mencari beras Thailand, karena harganya lebih murah. Yang diprediksi harganya sampai di Indonesia adalah sekitar Rp5000 sampai Rp6000.

Baca Juga : Ada Apa Nih? Wanita Nonmuslim Kanada Ramai-ramai Pakai Hijab

Dalam rangka melindungi para petani, Amran telah mengkampanyekan agar petani  meningkatkan produksi hasil pertanian. Hingga saat ini juga memberikan  target kepada seluruh gubernur masing-masing provinsi sekitar raturan ton per tahunnya.

Selain itu, kementan juga telah menggandeng berbagai pihak untuk mencapai swasembada pangan yaitu TNI AD melalui babinsa, Polri, kampus baik memberikan penyuluh, tenaga ahli, pengawasan  hingga  memberi bantuan alat-alat  pertanian untuk meningkatkan hasil produksi pangan.

Terkait untuk persiapan menghadapi MEA, Amranpun juga telah meminta kepada Dirut Bulog untuk menstock beras sebanyak 4 juta ton untuk cadangan menjelang MEA. Selain itu, menghimbau kepada petani agar menanam pada masa musim tanam ini.

“Oktober nanti adalah musim paceklik dan diberlakukannya MEA, Untuk itu kita harus kerja keras sungguh-sungguh dari sekarang untuk menanam pada musim tanam ini. Lebih baik kita  pahit sekarang daripada kita menyesal di bulan oktober”katanya dihadapan seluruh kepala dinas provinsi se-Indonesia.

Pihaknya berharap agar Indonesia menjadi lumbung padi terbesar di ASEAN sebelum berlakunya MEA, Sehingga  petani Indonesia menjadi disegani di tingkat ASEAN sampai Internasional dan jangan lagi Indonesia sebagai negara agraris  mengimpor beras dari negara lain.(h/lex)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]