MK Itu Pemimpin Ninik Mamak


Senin, 30 Maret 2015 - 19:26:09 WIB
MK Itu Pemimpin Ninik Mamak

“Pak MK, ken­tal karakter Minang­ka­baunya. Figur MK ninik mamak yang benar-benar mengerti dan pa­ham dengan keninik­ma­ma­kan­nya, sehingga gaya ke­pemim­pinannya persis seperti kepemimpinan ninik mamak. Sebagai ninik mamak, Pak MK bergelar Datuk. Panghulu jaba­tannya,” kata Ismet seraya mengatakan selaku ninik ma­mak yang bergelar datuak, banyak sifat positif MK yang dapat diteladani.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Ismet memandang, adalah sangat tepat bila visi pem­bangunan yang ditiupkan MK berdasar pada ‘adaik basandi syarak, syarak basandi Kita­bullah yang bersimpul pada syarak mangato- adaik ma­makai. Itu artinya, Islam me­nga­jarkan-adat melak­sana­kannya.

“Kita tahu dan menyadari bahwa seorang pang­hulu yang sebenar-benarnya penghulu tumbuh dan berkembang da­lam konteks fisolofi ke­pe­mimpinan dan bukan dalam konsteks kekuasaan. Bagi se­orang penghulu, kekuasaan bukan hal yang utama dalam menjalankan amanah ke­pe­mimpinan yang ia pikul,” katanya. Kekuasaan seorang penghulu lahir karena sifat panutan yang ia miliki se­hingga terpancar martabat dan kewibawaannya. Keseganan orang padanya bukan karena ke­kuasaannya itu tadi me­lainkan karena sifat dan si­kapnya yang membuat ia men­jadi seorang pemimpin kharis­matik. “Tipe pemimpin ninik mamak yang kharismatik itu melekat pada diri dan bawaan Pak Muslim Kasim,” ujar Ismet.

Baca Juga : Pascalarangan Mudik, Dua Maskapai Ini masih Beroperasi di BIM

Ismet sangat yakin bila Mu­s­lim Kasim diberi amanah me­mimpin Sumatera Barat, ma­ka apa yang diidam-idam­kan ber­sama, yakni Su­matera Barat sen­tosa, akan benar-benar ter­wujud. “Pak Muslim itu me­rakyat. Rendah hati. Orang­nya me­miliki rasa ke­pedulian yang sangat tinggi. Kepekaannya pada dinamika sosial wajib kita puji­kan,” tandas Ismet. Ismet me­nilai, jika sosok MK adalah tipe pemimpin yang enggan bila di­maju-ma­jukan beberapa lang­kah, bila ditinggi-tinggikan beberapa ranting. Kalaupun ingin dima­jukan juga, beliau hanya ingin maju selangkah. Bilapun ingin  ditinggikan juga, agak­nya beliau hanya ingin diting­gikan seranting saja. “Be­gi­­tulah Pak Muslim da­lam pandangan saya selama me­­ngenalnya,” kata Ismet. (h/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]