Jangan Kesampingkan Etika di Media Sosial


Selasa, 31 Maret 2015 - 19:15:30 WIB
Jangan Kesampingkan Etika di Media Sosial

Memang, pada ke­nya­taa­n­nya banyak orang belum pa­ham aturan main di media sosial. Sering kali mereka menggunakan berita, foto, dan video tidak sebagaimana mes­tinya. Misalnya saja, setelah kejadian jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501, banyak orang mengunggah atau share foto-foto jenazah atau potongan tubuh korban Air Asia. Yang paling menyedihkan, ada juga yang tega menyebarkan hoax yang mengatakan pesawat itu mendarat dengan selamat di Filipina.

Baca Juga : Twitter Jadi Media Sosial yang Paling Tinggi Sebar Ujaran Kebencian

Kicky menilai, orang se­ring lupa bahwa apa yang me­reka post di media sosial adalah cermin kepribadian dan pemikiran mereka. “Me­reka yang abai dan me­ne­ruskan berita bohong ini ada­lah ben­tuk kemalasan bernalar seka­ligus tidak berempati pada orang lain,” jelasnya.

Ketika mendapat berita, janganlah bersikap reaktif untuk segera me­nye­bar­luas­kannya.  Hal pertama yang perlu dan krusial Anda laku­kan adalah mengecek kebe­naran berita tersebut. “Jangan langsung percaya saja, apalagi jika berita itu disertai dengan judul yang bombastis,” je­lasnya.

Baca Juga : Trik dan Tips dari Dokter Spesialis agar Kulit Sehat Selama Ramadan

Suka atau tidak, ketika kita bermain di media sosial, secara tidak langsung kita sudah menjadi citizen journalist. Ada hal-hal yang harus dihindari, seperti menyebarkan berita kebohongan, mencemarkan nama baik, memicu konflik SARA, serta memuat konten pornografi. Jangan lupa pula untuk menyebutkan sumber berita, jika memang berita tersebut diambil dari sumber lain.

Masalahnya, suatu pesan yang sifatnya positif bisa me­nimbulkan dampak negatif jika tidak disampaikan dengan tepat. Misalnya, poster yang berisi ajakan untuk tidak mem­­bunuh satwa dilindungi, se­perti gajah dan orang utan, yang justru menampilkan foto gajah mati dengan kepala terpenggal penuh darah.  (h/fmn)

Baca Juga : Ingat Ya! Bayarkan Dua Hal Ini Dulu Kalau Dapat THR

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]