Mulai Tahun Ini, Tiga Substansi Ranperna Dievaluasi Bupati


Selasa, 31 Maret 2015 - 19:24:04 WIB
Mulai Tahun Ini, Tiga Substansi Ranperna Dievaluasi Bupati

“Jika evaluasi Pemkab me­nya­tan rancangan Perna tidak layak, maka rancangan Perna tersebut tidak bisa di­sah­kan menjadi Perna,” ujarnya saat bertemu Haluan di Kantor Ca­mat Sungai Pagu, Selasa (31/3).

Ia menambahkan, jika da­lam 30 hari Pemkab tidak melakukan evaluasi, maka secara otomatis, rancangan Perna tersebut sah menjadi Perna.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Usulkan 1.000 Unit Bedah Rumah untuk Masyarakat Miskin

Lebih lanjut ia men­jelas­kan, evaluasi tersebut ber­tujuan untuk memastikan bah­wa rancangan Perna tidak berbenturan dengan aturan hukum yang di atasnya, yakni Peraturan Daerah (Perda).

“Jika rancangan Perna ber­benturan dengan Perda atau esensinya terdapat dalam Per­da, Perna tersebut tidak bisa disahkan. Misalnya, rancangan Perna untuk memungut retri­busi Galian C untuk pe­masu­kan Pendapatan Asli Nagari. Itu tidak bisa disahkan, karena sudah diatur dalam Perda yang menjadi masukan Pendapatan Asli Daerah,” tutur Yulharnis.

Terkait tiga substansi Perna yang harus dievaluasi itu, pihaknya sudah men­yo­sia­lisasi­kan kepada 39 nagari yang ada di 7 kecamatan di Solsel. Pemerintahan Nagari dan Badan Musyawarah Na­gari tinggal menjadikan aturan yang dibuat oleh Pemkab ter­sebut sebagai pedoman men­yusun dan membahas ran­cangan Perna.

Ia menyebutkan, Perna yang dibuat oleh nagari ber­tujuan untuk memajukan na­gari, baik dari segi pendapatan mau pun bagi ketenteraman kehidupan dalam masyarakat nagari.

Saat ditanya berapa total Perna sudah dibuat oleh se­luruh nagari di Solsel sejak pertama kali Solsel mekar dari Kabupaten Solok, Yulharnis menjawab, pihaknya belum memiliki data tersebut.

“Data itu belum di­sampai­kan semuanya oleh seluruh nagari ke kami. Kami sudah menyampaikan kepada wali­nagari untuk menyerahkan jumlah Perna yang terdapat di masing-masing nagari. Kami memang tidak menargetkan kepada nagari sampai kapan jumlah Perna itu diserahkan. Tapi kami berharap nagari segera menyerahkannya,” pung­kasnya. (h/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]