Mendorong Semangat Atlet


Selasa, 31 Maret 2015 - 19:31:05 WIB
Mendorong Semangat Atlet

Hal serupa, juga terjadi pada tahun 2014 lalu dimana Sumbar juga menjadi tim terhebat di luar Jawa oleh ajang nasional berlebel PON Remaja I yang ditaja di Surabaya, Jawa Timur. Prestasi Sumbar tercatat mengesankan karena hingga detik-detik terakhir, nyaris meruntuhkan dominasi Jawa. Atas torehan prestasinya itu, Sumbar dinobatkan oleh Panpel sebagai tim terbaik.

Baca Juga : Antisipasi Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan 12 Titik Pos Pemeriksaan

Tahun 2015, tepat setahun sebelum helat akbar PON XIX Jawa Barat, ajang berlebel nasional kembali akan digeber atlet-atlet Sumbar, yakni Popnas XIII di Jawa Barat. Seperti kata orang-orang bijak, mempertahankan lebih sulit dari pada merebut bakal dirasakan insan olahraga di daerah ini.

Soal Popnas misalnya. Tantangan atlet pelajar untuk kembali menjadi yang terbaik di luar Jawa tentu bukan perkara gampang. Mencetak dan mempersiapkan atlet yang siap bersaing, apalagi untuk menjadi juara. Banyak aspek yang harus dipersiapkan, dan itu tak seperti  memasak pisang goreng. Beli bahan pagi, sore bisa disajikan.

Baca Juga : Satu Korban Luka Kebakaran Pertamina Balongan Meninggal, Total Jadi Empat Orang

Mempersiapkan atlet ada beberapa tahapan dengan strategi khusus, sesuai fasenya masing-masing. Salah menentukan program pada fase-fase tersebut, bisa berakibat fatal bagi persiapan si atlet untuk menjadi seorang champion. Itu baru persoalan internal, belum termasuk dengan perkembangan eksternal.

Tapi, yang lebih menarik adalah jelang PON XIX Jawa Barat. Bagaimana kesiapan Sumbar? Ini yang hendaknya menjadi patokan dan perhatian, tanpa mengabaikan iven sekelas pelajar tadi. Ntah bagaimana instansi terkait, baik KONI Sumbar maupun pengurus cabang olahraga mempersiapkan atlet-atletnya “berjemur” program latihan dengan seretnya dana. Harapan

Sejak dua tahun terakhir, keluhan minimnya dana kembali bergema. Sama dengan persiapan pada PON XII 2012. Namun, saat itu, Sumbar punya patriot-patriot olahraga yang masih mau mati-matian membela panji-panji tuah sakato. Tapi ibarat kata pepatah, Sebodoh-bodohnya keledai tidak akan jatuh 2 kali  ke dalam lubang sama, atlet-atlet pembawa emas tentu tak ingin lagi diabaikan.

Dalam catatan, dua nama penyumbang empat medali emas bagi Sumbar, sebut saja Patricia Yosita Hapsari dari kolam renang dan Mella Eka Rahayu dari cabang angkat berat sudah hengkang.  Tentu dua atlet ini tak ingin jadi keledai, atau lebih bodoh dari keledai karena untuk perjuangan hari ini, mereka tak ingin lagi membuang percuma keringat mereka.

Lalu, bagaimana dengan pembentukan tunas-tunas atlet untuk memasuki arena persaingan level senior di tingkat nasional?  Apakah masih bisa kita mengandalkan semangat atlet saja? Tentu ada dukungan kongkrit yang lebih dari stakeholder terkait. Sayangnya, DPRD Sumbar, hari ini baru berpikir dan berjuang untuk menggelontorkan uang senilai Rp10 miliar menghadapi PON XIX Jawa Barat.

Ntah masih ada gunanya dana sebesar itu, ntah tidak karena fase 2015 adalah fase pra kompetisi dimana atlet-atlet akan berjuang berebut tiket PON lewat ajang Porwil Sumatera di Bangka Belitung serta Kejurnas Pra PON. Padahal, fase persiapan tak kalah pentingnya yang layaknya sudah dilangsungkan sejak 2014 lalu. Tapi sayang, dukungannya tetap minim.

Dikhawatirkan, mereka sulit bersaing di era pra kompetisi ini karena persiapan mereka terbatas. Bahkan, untuk ikut ajang try out pada 2014 itu, atlet dan pengurus harus ngemis kiri kanan untuk bisa terbang mengikuti kegiatan itu. Belum lagi vitamin, asupan dan gizi si atlet. Belum lagi  persoalan eksternal, seperti coaching clinic, sport program development, hingga sport intelegent

Ntah kenapa, saat itu anggota DPRD atau pemerintahnya, tak memberi suntikan dana yang layak, saat itu. Baru kini mereka sibuk sok perhatian dengan perjuangan dana sebesar itu. Semoga atlet-atlet yang ada kini masih punya semangat, semangat untuk menepis prediksi kalangan intelejen olahraga yang menyebut Sumbar hanya bisa membawa sekeping emas dari PON XIX 2016. (*)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]