Semarak Demokrasi di Bumi Mekar


Selasa, 31 Maret 2015 - 19:38:58 WIB
Semarak Demokrasi di Bumi Mekar

“Ini bagus, untuk menun­jukkan bahwa banyak tokoh yang peduli terhadap kemajuan daerah,” ungkap M. Taridi, tokoh yang juga Wali Nagari Koto Baru, kepada Haluan baru-baru ini. Menurutnya, selagi pemasangan baliho terse­but diniat­kan untuk hal positif, misalkan sosia­lisasi dan untuk mengenal kan­d­idat lebih jauh, hal itu dinilai wajar.

Baca Juga : Iedul Fithri: Geliat Ekonomi, Momentum Keluar Resesi

“Yang penting, tidak ada mono­poli salah satu kandidat di daerah tertentu, yang melarang kandidat lain memasang baliho juga. Ini tentu akan menjadi kemunduran. Silahkan pa­sang, tapi jangan juga melarang orang lain memasang baliho,” ingat mantan anggota DPRD Dhar­masraya itu.

Mantan birokrat senior Dhar­masraya H. Hilman R, BA mengaku, kemajuan di Dharmasraya saat ini menunjukkan tren positif. Dirinya menilai, sejak dipimpin Adi Guna­wan, Dharmasraya terus berkem­bang. Hal itu dilihatnya dari sejum­lah gebrakan pembangunan dan beberapa indikator.

Baca Juga : Pembangunan dan Keadilan bagi Padagang Kaki Lima

Dirinya juga bangga, karena sejak dipimpin Adi Gunawan, Dhar­masraya menjadi daerah pemekaran pertama di Sumbar yang lepas dari status daerah tertinggal. Belum lagi sejumlah penghargaan yang banyak diterima, salah satunya menjadi daerah pemekaran terbaik di Indo­nesia. Meski demikian, dia menilai, fokus arah pembangunan ke depan tetap mesti ditujukan pada pening­katan kesejahteraan masyarakat. “Bukan saja pertumbuhan ekonomi, tapi juga distribusi pendapatan yang merata,” ingatnya.

Mantan politisi PDIP itu cukup puas, karena di bawah kepe­mim­pinan Adi Gunawan, pertum­buhan ekonomi Dharmasraya menjadi yang tertinggi di Sumbar, sejalan dengan kian turunnya angka penduduk miskin. “Gebrakan lain yang patut dibanggakan, sejumlah iven ber­gengsi di level provinsi sukses digelar di Dharmasraya, seperti MTQ Tingkat Provinsi dan Porprov Sumbar. Saya kira, momentum bersejarah ini akan sulit terulang kembali,” akunya.

Di tempat terpisah, Bupati Dhar­masraya H. Adi Gunawan yang bakal menjadi balon terkuat suksesi kepe­mim­pinan Dharmasraya mendatang, mengaku senang dengan munculnya sejumlah kandidat. “Semakin ba­nyak calon, maka masyarakat sema­kin memiliki banyak pilihan. Yang terpenting, siapapun yang muncul, mereka adalah sosok yang memiliki visi membangun Dharmasraya,” ungkapnya.

Disinggung soal kemung­kinan­nya maju kembali dalam pilka­da yang bakal digelar Dese­mber men­datang, peraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif itu mengaku menye­rah­kannya semuanya kepada masya­rakat.

“Saya dulu maju karena diminta, didorong, dan didukung warga, ditambah pula dengan amanat dan tugas partai. Jika akhirnya saya maju kembali, saya tetap mensyaratkan hal itu. Harus ada dorongan dan dukungan warga, karena pemimpin rakyat lahir dari rakyat. Jabatan bukan untuk direbut, namun jika amanah itu datang, wajib melaksana­kannya dengan baik,” ujar Adi Gunawan.

Dari pantaun Haluan di sejumlah wilayah, peluang Adi Gunawan melanjutkan kepemimpinannya masih kuat. “Pak Adi sudah dikenal luas. Gebrakannya sangat banyak. Saya berharap beliau terpilih kem­bali untuk melanjutkan pem­ba­ngunan yang telah dilakukannya selama ini,” pinta Sudarno, salah seorang warga di Sitiung. (**)

 

Laporan: MARYADI

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]