Disdik Pekanbaru Pastikan Kecukupan Soal UN


Rabu, 01 April 2015 - 19:04:23 WIB
Disdik Pekanbaru Pastikan Kecukupan Soal UN

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru melalui Se­kre­taris Disdik, Abdul Jamal mengungkapkan, tujuan pe­nge­cekan soal UN ini untuk mengetahui sejak dini, jika ada kekurangan soal maupun lem­baran jawab dan sebagainya. Sehingga bisa segera untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

“Sampul soalnya yang di­cek, bukan dibuka isinya” ungkap Jamal kepada war­tawan, Rabu (1/4). Di­se­but­kan­­nya, sebanyak 217 paket soal UN tersebut sesuai la­porannya terdiri dari lembar soal UN SMA, SMK, soal paket, dan soal susulan, untuk semua bidang studi yang akan diujikan. Ke­mudian, untuk keamanan soal tersebut pi­hak­nya telah ber­kordinasi ber­sama polisi untuk me­nempat­kan personilnya di lokasi pe­nem­patan berkas UN tersebut, Dimana soal-soal tersebut kini ditempatkan di aula Disdik Kota Pekanbaru hingga nanti pendistribusian ke sekolah-sekolah untuk pelak­sanaan UN.

“Pengamanan juga dilaku­kan untuk tmpat dan hal-hal yang tak terduga dan Polres Pekanbaru menempatkan dua orang polisi berpakaian pre­man dilokasi,” ujar Jamal.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

Jamal menambahkan, jika berbicara kesiapan siswa da­lam menyambut UN tahun ini, ia mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan, pihak se­kolah dan disdik, melalui latihan soal di sekolah atau try out (TO) dari sekolah dan Disdik.

“Uji coba ini dilakukan secara gratis oleh sekolah maupun Disdik dengan meng­gunakan dana pemerintah dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” terang Jamal.

Selanjutnya, untuk per­siapan TO bagi anak murid didelapan sekolah yang akan UN dengan sistem internet atau “online”. Jamal me­ne­rang­kan, saat ini pihaknya tinggal menunggu dari Ke­men­terian Pendidikan untuk pelaksanaan Try Out nya. Di­mana Biaya pelaksaan masih di tanggung oleh Kementerian Pendidikan RI. Secara ke­se­luruhan jumlah peserta UN SMA/SMK ada 15 ribu, Baik untuk Pelaksanaan Ujian ter­tulis maupun untuk ujian sis­tim CBT.

“Untuk Jumlah Pe­serta yang akan mengikuti UN CBT berjumlah 2.648 peserta, “katanya. Jamal mengingatkan para orangtua agar memotivasi anak mereka untuk tetap be­lajar dan menjaga kesehatan dan tidak melakukan kegiatan yang menggangu persiapan menyambut UN.

“Jangan hanya meng­harap­kan sekolah, tetapi dukungan orangtua juga agar anak-anak bisa meraih hasil yang mak­simal,” pungkas Jamal. (h/rud)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]