Proyek PSDA Sumbar Paling Banyak di Padang Pariaman


Rabu, 01 April 2015 - 19:06:01 WIB
Proyek PSDA Sumbar Paling Banyak di Padang Pariaman

“Karena itu kami berharap kepada gubernur untuk turut mem­bantu pembangunan se­jumlah saluran pengairan se­pan­jang 3 km di bagian hulu, di samping rehabilitasi ben­dungan yang diresmikan hari ini,” katanya.

Baca Juga : Sumarak Alek Nagari, Koarsa Laksanakan Sunatan Massal di Sungai Batang

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada kesempatan itu memuji semangat Ali Mukhni dalam memperjuangkan anggaran bagi pembangunan di Padang Pariaman, baik yang ber­sum­ber dari APBN maupun AP­BD Sumbar. “Kecil-kecil ca­bai rawit, lincah. Begitulah Pak Ali Mukhni,” sebut Irwan.

Gubernur juga me­nying­gung semangat Ali Mukhni yang patut dicontoh. Ia me­ngakui bisa meyakinkan pe­merintah provinsi untuk me­ngucurkan dana di Dinas PS­DA untuk masyarakat Pa­dang Pariaman. “Bayangkan saja, dari 60 proyek PSDA di Sumbar, 31 di Padang Pa­riaman. Ini luar biasa,” ka­tanya.

Baca Juga : BMKG Maritim Teluk Bayur: Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Hingga 4 Meter

Kalau bupati konsisten seperti saat ini, gubernur ber­janji pemprov akan terus men­du­kung. “Mintak ciek kami agiah limo,” kata Politis PKS itu.

Satu lagi kelebihan Ali Mukhni kata Irwan adalah kenyataan bahwa dari sekian banyak proyek di Padang Pa­riaman, tak satupun yang ber­masalah dengan pembebasan lahan.

“Rata-rata di Sumbar, khu­susnya terkait pembangunan irigasi selalu bermasalah. Tapi di daerah Pak Ali Mukhni ini tidak terjadi,” kata putra Ku­ranji itu.

Dari yang ia dengar sendiri, Irwan mengaku kerap men­dapatkan informasi bahwa Ali Mukhni sangat pandai me­nyelesaikan urusan tanah.

“Sejumlah bupati dan wali­kota di Sumbar ini sudah pernah saya panggil gara-gara pem­bebasan lahan untuk pro­yek bermasalah. Kecuali Pak Ali Mukhni saja yang tidak saya panggil dalam urusan ini pembebasan lahan,” katanya.

Normalisasi dan pe­nguatan tebing Sungai Sariak adalah proyek yang dijanjikan gu­bernur akan dianggarkan ta­hun ini. “Alun bupati ma­min­tak, alah kami agiah,” katanya.

Pada kesempatan itu Gu­bernur Sumbar Irwan Prayitno mendapatkan ungkapan teri­ma kasih dari masyarakat Padang Pariaman berupa pia­gam yang diserahkan oleh Wali Nagari Sungai Durian Nu­sirwan Nazar dan Wali Nagari Lareh Nan Panjang Ak­hi­ruddin.

“Saya merasa terharu me­nerima apresiasi dari ma­syarakat Padang Pariaman. Baru kali ini kerja keras kami mendapatkan piagam peng­hargaan. Insya Allah, piagam ini akan saya pajang di Gu­benuran,” kata mantan Ang­gota DPR RI itu. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]