Dibuka Wabup, Musrenbang Rumuskan Program Pembangunan


Rabu, 01 April 2015 - 19:07:50 WIB
Dibuka Wabup, Musrenbang Rumuskan Program Pembangunan

Irdinansyah dalam sambu­tannya menyebutkan, untuk merumuskan rencana pem­bangunan tahunan daerah di­mak­sud dilaksanakan mus­renbang yang merupakan fo­rum antar pemangku kepen­tingan dalam rangka mem­bahas rancangan RKPD.

Menurut wabup, Musren­bang merupakan wahana koor­dinasi antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegia­tan pembangunan daerah.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Usulkan 1.000 Unit Bedah Rumah untuk Masyarakat Miskin

Musrenbang juga berfungsi sebagai perwujudan dari pen­dekatan partisipatif dalam perencanaan pembangunan derah sebagaimana diatur da­lam peraturan daerah Kabu­paten Tanah Datar Nomor 5 tahun 2010 tentang prosedur perencanaan pembangunan partisipatif Kabupaten Tanah Datar.

“Pendekatan partisipatif menjadi sangat penting karena diharapkan mampu mela­hir­kan program dan kegiatan prioritas yang betul-betul lahir dari kebutuhan-kebutuhan yang dirasakan dan diusulkan langsung oleh masyarakat/stakeholder dalam upaya me­ning­katkan kualitas hidupdan kesejahteraan,” ujar wabup.

Dia juga mengatakan, sebe­lum dilakukan musrenbang kabupaten, tentu terlebih da­hulu harus melalui tahapan musrenbang kecamatan dan musrenbang nagari, sebab nagari dan kecamatan merupa­kan ujung tombak dalam bi­dang pembangunan dan bidang pemerintahan.

Dikatakannya, tujuan DPRD Provinsi  menghadiri musrenbang Kabupaten Tanah Datar adalah untuk men­jem­put aspirasi masyarakat Kabu­paten Luhak nan Tuo  melalui pendekatan aspiratif.

“Saya bertekad akan men­jadikan kampung halaman saya ini sebagai kabupaten yang terbaik, walaupun kota budaya ini minim akan sumber daya alamnya, namun kaya akan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi,” sebutnya.

Sementara itu, Arkadius meminta masyarakat yang hadir bersama pemerintah kabupaten Tanah Datar pada saat musrenbang kabupaten Tanah Datar, agar dapat me­nyam­paikan program-program pembangunan tahun 2015 se­ce­patnya, yang nantinya akan ia perjuangkan dengan sekuat tenaga di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Tanah Datar mengharapkan, agar DPRD Provinsi Sumatera Barat mengulurkan tangan untuk mengobati sakitnya mas­yarakat agar di kemudian hari bisa diwujudkan Tanah Datar yang cemerlang di semua sek­tor pembangunan. (h/emz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]