Pemko Bukittinggi Bertekad Pertahankan Opini WTP


Rabu, 01 April 2015 - 19:15:11 WIB
Pemko Bukittinggi Bertekad Pertahankan Opini WTP

Menurut Ismet, laporan keuangan akan sangat me­nentukan bertahan tidaknya predikat WTP dari BPK RI di Kota Sanjai ini. Pasalnya, tahun lalu Bukittinggi berhasil men­dapatkan WTP atas LKPD tahun anggaran 2013. Untuk itu WTP yang  telah diraih ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Pemko Bukittingi ber­komitmen secara terus me­nerus melaksanakan tata kelola keuangan daerah secara baik dan akuntabel. Hal ini dila­kukan bukan hanya untuk WTP semata, tapi bagaimana laporan keuangan kita sesuai  dengan prosedur dan penge­lolaannya,” ujar Ismet.

Baca Juga : Kembangkan Pertanian Sumbar, Bahlil Perintahkan Deputi Cari Investor

Menurutnya, LKPD meru­pakan kewajiban konsti­tusio­nal kepala daerah untuk me­laporkan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pada satu tahun anggaran. LKPD berisi laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, cata­tan atas laporan keuangan dan dokumen pendukung lainnya seperti hasil review Inspektorat atas LKPD.

Pada laporan realiasasi anggaran kas ujarnya, di­sam­paikan tingkat pencapaian anggaran tahun 2014 yang mencapai 99,98 persen, sera­pan anggaran 84,53 persen, dan realisasi pembiayaan te­rea­lisasi sempurna 100 per­sen.

“Dalam penyusunan lapo­ran tahun ini kami berusaha lebih baik dan mempedomani regulasi pelaporan dan pe­ngelolaan keuangan daerah. Hal ini dilakukan guna meraih hasil yang lebih baik dan maksimal  yaitu opini wajar tanpa pengecualian yang sem­purna,” jelas Ismet.

Dengan telah diterimanya dokumen laporan keuangan pemerintah Kota Bukittinggi tahun anggaran 2014 oleh BPKP RI Perwakilan Propinsi Sumbar Pemko Bukittinggi mengharapkan bimbingan dan arahan dari Perwakilan BPK Sumbar terkait dengan infor­masi yang berkaitan dengan tertib administrasi keuangan.

“Bimbingan dan arahan dari BPK tetap kami harapkan demi terwujudnya tata kelola keuangan daerah yang lebih baik kedepannya. Setelah la­poran itu  diperiksa, iika ditemukan kekurangan dan kesalahan, kita berharap  segera untuk disampaikan guna diperbaiki,” harap Ismet. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]