Pemilih Harus Pastikan Hak Politiknya Terlindungi


Rabu, 01 April 2015 - 19:18:30 WIB
Pemilih Harus Pastikan Hak Politiknya Terlindungi

Narasumber selanjutnya, Aermadepa dengan materi penanganan pelanggaran pe­milihan gubernur tahun 2015 dan peranan Kelembagaan Sekretariat Bawaslu Provinsi oleh Hardizon Bahar. Diskusi yang mengalir da­lam kegiatan tersebut, lebih mengarah pada pengawasan, pelanggaran dan penindakan pidana pemilu.

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

Elly Yanti menyebutkan, rendahnya partisipasi masya­rakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilu, tentu telah diatasi dengan menye­diakan langkah-langkah stra­tegis. Salah satunya, dengan melibatkan masyarakat itu sendiri.

“Peran masyarakat sangat penting, karena itu peran pe­nga­wasan partisipatif ini sangat diperlukan,” ujar Ketua Ba­waslu Sumbar itu.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Dia menyebutkan, pe­nga­wasan partisipasi haruslah melibatkan seluruh unsur masyarakat dalam pengawasan pemilu. Elly Yanti me­lanjut­kan, alasan penting masyarakat harus terlibat dalam pe­nga­wasan pemilu, yaitu untuk memastikan terlindungnya hak politik warga masyarakat, me­mas­tikan terwujudnya pe­mili­han yang bersih, transparan, dan berintegritas dari sisi penyelenggaraan.

Selanjutnya, pentingnya keterlibatan masyarakat, untuk mendorong terwujudnya pe­milihan sebagai instrumen penentuan dan evaluasi ke­pemimpinan politik, dan men­dorong munculnya ke­pe­mim­pi­nan politik yang sesuai dengan aspirasi terbanyak masyarakat. (h/col)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]