Tarif Pelanggan Listrik 1.300-2.000 VA tak Naik


Jumat, 03 April 2015 - 19:30:05 WIB
Tarif Pelanggan Listrik 1.300-2.000 VA tak Naik

Menurut Sofyan, kunci dari tidak dinaikkan tarif listrik golongan tertentu terse­but karena kemampuan perse­roan menciptakan efisiensi. “Obatnya efisiensi,” ujarnya.

Baca Juga : Mantan Komandan Kapal Selam Nuklir Inggris: KRI Nanggala 402 Mungkin Tak Akan Ditemukan

Ia mencontohkan, di Me­dan pembangkit PLTU dan PLTG milik PLN sudah ber­jalan dengan baik dan ditar­getkan akhir April 2015 su­dah menghasilkan listrik dengan kapasitas 300 MW dan pada Juni mencapai 800 MW.

Saat bersamaan pemba­ngunan transmisi di Buleleng, Bali diharapkan juga bisa ditarik dan rampung sehingga PLTU Buleleng, sudah bisa mengaliri listrik di wilayah itu. “PLTU sudah segera ber­operasi, sehingga pembangkit tenaga diesel yang meng­gu­nakan BBM bisa dima­tikan,” ujarnya.

Baca Juga : Usai Kasus KIPI Seperti Stroke, Thailand Tetap Pakai Sinovac

Demikian juga PLTU Se­ni­pah di Balikpapan, Kali­mantan Timur telah ber­ope­rasi, sehingga saat ini tidak ada lagi masalah kelistrikan, bah­kan pasokannya sudah surplus.

Sofyan menambahkan, efisiensi yang diperoleh dari pembangkit di Medan bisa mencapai Rp6 triliun-Rp7 triliun per tahun, sedangkan di Bali mencapai Rp3 triliun-Rp4 triliun.

Baca Juga : Ini Peringatan Keras untuk Negara Barat, Putin: Jangan Lewati 'Garis Merah' Kami!

“Dengan pengelolaan yang lebih baik, maka secara nasio­nal PLN menargetkan bisa melakukan efisiensi per tahun minimal Rp8 triliun-Rp12 triliun. Ini menjadi hal yang mendukung PLN untuk tidak menaikkan tarif listrik teru­tama bagi rakyat kecil,” ujar­nya. Mantan Dirut PT Bank BRI Tbk ini menambahkan langkah perseroan untuk me­la­kukan efisiensi agar tarif listrik tidak naik tersebut sudah disampaikan kepada DPR. “DPR pasti menyetujui. Konstituen DPR itu kan rak­yat. Mudah-mudahan tidak ada subsidi lagi, kecuali terjadi kenaikan signifikan harga BBM,” ujarnya. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]