JK Batalkan Proyek Pelabuhan Cilamaya


Jumat, 03 April 2015 - 19:51:24 WIB
JK Batalkan Proyek Pelabuhan Cilamaya

“Rapat dipimpin oleh Pak JK dan setelah mendapat semua informasi baik data bawah permukaan dan ke­giatan produksi dan pe­ngem­bangan ke depan, serta plat­form ke depan, dan juga be­berapa perkembangan safety menyimpulkan bahwa rencana pembangunan pela­buhan di­pindah ke tempat yang lebih safe di arah timur,” jelas Syamsu, Kamis (2/4).

Syamsu menambahkan, pemilihan area di bagian timur dari Cilamaya, seperti Subang dan Indramayu, mem­per­timbangkan aspek teknis di mana area tersebut belum padat akan infrastruktur mi­gas. Di wilayah tersebut, di­nilai lebih aman untuk dibangun pelabuhan. “De­ngan pertim­bangan di arah timur belum padat dan me­mungkinankan untuk diba­ngun pelabuhan,” ujarnya.

Baca Juga : Diunggulkan Survei Litbang Kompas, Mahfuz: Partai Gelora Wajib Lolos Ambang Batas Parlemen

Selain itu, Syamsu juga mengatakan bahwa Wakil Gu­bernur Jawa Barat Dedy Miz­war sepakat untuk me­min­dahkan rencana pembangunan pelabuhan ke arah timur, de­ngan alasan wilayah Jawa Barat bagian timur lebih mem­butuhkan pembangunan yang berkelanjutan. “Nanti dari Pemda Jawa Barat, Bappenas dan Menko Maritim akan me­la­kukan kajian mengenai lokasi pasti di mana. Sehingga dua hal, infrastruktur jalan dan energi akan jalan bersama,” lanjut Syamsu.

Dari Pertamina sendiri, Syamsu menambahkan, ter­dapat 9 titik atau rencana lokasi pelabuhan yang sudah dilakukan studi lapangan. Dari hasil studi tersebut, disebutkan bahwa daerah di Subang dan Indramayu belum terlalu si­buk­ wilayah perai­rannya dan dinilai memiliki koridor pe­layaran lebih luas.

“Jadi area safety zone lebih luas. Setahu saya dulu ada sembilan titik yang dibuat study. Ada beberapa titik di sepanjang pulau Jawa. Karena dari Pak Dirjen Perhubungan Laut sampaikan beberapa ren­cana selain Cilamaya,” lan­jutnya.

Sebelumnya, Pertamina adalah pihak yang paling me­nentang keras rencana pem­bangunan Pelabuhan Cila­maya. Hal ini karena di wila­yah perairan Cilamaya ter­dapat rangkaian distribusi pipa gas milik Pertamina ONWJ serta sejumlah rig lepas pantai milik Per­ta­mina. Sehingga rencana pem­bangunan pela­buhan Cila­maya dinilai mem­ba­hayakan dan akan menekan produksi migas Perta­mina. (h/rol)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]