Bukittinggi Programkan Satu RT Satu PAUD


Ahad, 05 April 2015 - 18:48:26 WIB
Bukittinggi Programkan Satu RT Satu PAUD

Menurutnya, PAUD mer­upakan pendidikan yang ditu­jukan kepada anak-anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. PAUD melakukan pem­berian ransangan pendidikan untuk membantu pertu­m­bu­han dan perkembangan jas­mani dan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam me­masuki pendidikan lebih lanjut.

Ahmad Saimi juga me­ngatakan, saat ini terdapat 103 lembaga PAUD di Bukittinggi yang terdiri dari 40 PAUD Formal dan 63 PAUD Non Formal seperti kelompok bermain, dan Satuan Paud Sejenis (SPS). Dari Jumlah yang ada tersebut belum me­menuhi kebutuhan anak untuk mengikuti pendidikan usia dini pada lembaga yang ada.

Baca Juga : Kembangkan Pertanian Sumbar, Bahlil Perintahkan Deputi Cari Investor

“Saat ini masih ada sekitar 1.100 anak yang belum ter­daftar di lembaga-lembaga PAUD yang ada. Hal ini dise­babkan sebagian orang tua belum men­daftarkan anaknya ke lem­baga PAUD yang ada, dengan alasan lembaga PAUD tersebut jauh dari kediaman mereka,” ujar Saimi. Oleh karena itu ujarnya, untuk mengantisipasi hal ter­sebut, pihaknya berusaha me­nargetkan di Bukittinggi satu RT satu lembaga PAUD pada 2016 mendatang. Program yang dijalankan ini juga untuk men­dukung program pe­me­rintah pusat yaitu satu desa satu PAUD.

Menurut Saimi, PAUD ti­dak saja menjadi tanggung jawab pemerintah saja sesuai yang diamanatkan  UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak. Karena PAUD bertujuan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat me­nye­suai­kan diri dengan ling­ku­ngannya.

“Kami menghimbau dan berharap kepada orang tua untuk dapat memperhatikan pendidikan anaknya di usia dini. Karena anak yang beru­mur 0-6 tahun sangat mem­butuhkan pendidikan dini sebelum mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan beri­kutnya. Oleh karena itu mari antarkan anak-anak  ke lem­baga PAUD terdekat baik itu Paud Formal maupun Infor­mal,” harap Saimi.

Gebyar Pendidikan Meriah

Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) se-Kota Bukittinggi berlangsung se­marak dan meriah. Sekitar 3.000 anak adu kreasi dalam lomba mewarnai yang dise­lenggarakan oleh Dinas Pen­didikan Kota Bukittinggi, Sab­tu (5/4). Walikota Bukittinggi Ismet Amzis menyampaikan pen­tingnya pendidikan sejak usia dini karena dapat mem­pe­ngaruhi  kecerdasan anak.  “Pendidikan usia usia dini sangat penting karena dapat mengembangkan kreatvitas anak sesuai umur dan kemam­puannya. Hal ini sejalan de­ngan program pemerintah, tentang perlunya memberikan pendidikan kreatif kepada anak sedini mungkin. Tu­juan­nya agar anak memiliki me­miliki kreativitas dan inovasi,” ujar Ismet Amzis.  (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]