Bupati Ingatkan SKPD Tidak Rekayasa Dokumen


Senin, 06 April 2015 - 19:01:37 WIB
Bupati Ingatkan SKPD Tidak Rekayasa Dokumen

Selain melarang  mere­kayasa surat-surat atau do­kumen, seluruh kepala SKPD juga  dilarang  libur atau cuti selama proses pemeriksaan administrasi keuangan oleh BPK RI. Kecuali ada kegiatan mendadak yang tak bisa diting­galkan, sakit atau kemalangan.

Baca Juga : Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Sungai Batang Sumani ke Pusat

“Kepala SKPD jangan sekali-kali  merekayasa surat-surat atau dokumen, karena bisa dikenai tindakan pidana. Di samping itu kepala SKPD  juga tidak diper­boleh­kan libur atau cuti selama pemeriksaan, kecuali karena sakit atau kemalangan,” kata Syamsu Rahim.

Pada kesempatan itu, Syam­su Rahim mengucapkan teri­makasih kepada BPK RI Per­wakilan Sumbar yang telah memberikan bimbingan seka­ligus memandu Kabupaten Solok dalam menyusun LKPD dan Lakip.

Baca Juga : Berprestasi, 31 Personel Polres Dharmasraya Dianugerahi Penghargaan

Dengan adanya bimbingan itu maka ke­mung­kinan adanya kekeliruan men­jadi sangat kecil.

Ditambahkannya, Lakip disusun sebagai ukuran kinerja Pemerintah Kabupaten Solok tahun 2014, yaitu mengukur capaian daerah dalam hal kesejahteraan rakyat, mening­katkan pelayanan publik, me­ningkatkan daya saing daerah. Di samping itu juga sebagai umpan balik dalam peren­canaan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok pada tahun berikutnya.

Senada dengan Syamsu Rahim, Kepala BPK RI Per­wakilan Sumatera Barat Betty Ratna Nuraeny juga meng­ingatkan agar jangan sampai ada kepala SKPD  yang mela­kukan tindakan rekayasa. Karena apabila ditemukan adanya rekayasa, maka ini akan berdampak hukum atau dipidanakan.

Di samping itu, Betty Ratna Nuraeny juga mengingatkan inspektur  daerah harus siap di tempat selama tim BPK RI melakukan pemeriksaan sela­ma 40 hari.

“Pemeriksaan akan dila­kukan secara bertahap. Apa­bila dalam pemeriksaan dite­mukan ada keterlibatan pihak ketiga, maka pihak ketiga itu juga akan diperiksa,” ujar Betty Ratna Nuraeny.(h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]