Pengurusan Akte Kematian Tak Mendapat Perhatian


Senin, 06 April 2015 - 19:07:08 WIB
Pengurusan Akte Kematian Tak Mendapat Perhatian

“Pelayanan keliling tersebut dilakukan setiap Sabtu, namun tanggal dan tem­pat­nya ditentukan oleh pemerintah keca­matan, untuk itu kami telah menyurati para camat,”kata Kepala Disdukcapil Agam Misran, kemarin.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Pelayanan keliling perdana di tahun 2015 ini dilakukan di Jorong Hulu Banda, Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak Sabtu (4/4) lalu. Pada pelayanan tersebut diterbitkan 115 lembar kartu kekuarga dan 83 lembar akte kelahiran.

“Dengan dibukanya pelayanan keliling ini diharapkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan keluarganya, termasuk akte kematian yang selama ini kurang mendapat perhatian. Masyarakat hanya mengurusnya, jika ada keperluan,” ungkap Misran.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Untuk akta kematian sampai dengan saat ini masih banyak penduduk yang belum melaporkan peristiwa kematian keluarganya. Padahal pencatatan ke­matian itu sangat perlu karena berdampak pada jumlah penduduk  secara global.

Termasuk Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang menjadi dasar penentuan Data Pemilih Tetap (DPT) yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum pada Pilpres dan Pilkada.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan setiap adanya peristiwa penting ke­pendudukan baik kelahiran maupun kematian. (h/ks)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]