Kenaikan LPG 12, Pengusaha UMKM Beralih ke LPG 3 Kg


Senin, 06 April 2015 - 19:22:58 WIB
Kenaikan LPG 12, Pengusaha UMKM Beralih ke LPG 3 Kg

Ujang, pemilik rumah makan di Lolong Belanti dekat SMK 5 Padang menuturkan, penggunaan LPG 3 kg terasa ringan diban­dingkan dengan LPG 13 kg yang mencapai Rp155 ribu pertabung. Ujang tidak hanya mengeluhkan kenaikan LPG 12 kg saja, tapi kenaikan yang lainnya juga ikut membubung tinggi. Salah satu solusi yang dia pilih adalah bera­lih ke LPG 3 kg.m “Jadi, kami tidak sempat memikirkan mana yang hemat lagi, tapi mana yang bisa memberi petunjuk ditengah gejolak harga semua kebutuhan pokok,” tandas Ujang.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Selasa 02 Maret 2021

Ujang tidak cemas, jika semua orang akan beralih ke LPG 3 kg. Karena dia masih punya tabung LPG 12 kg sebanyak 2 tabung. Jika LPG 3 langka, dia akan beralih ke LPG 12 kg. “Kalau pemerintah tidak memikirkan kita sejauh itu, kita yang harus berpikir sendiri sekarang ini. Mana yang menurut kita baik dan ada keuntungan itu yang dipilih. Menurut saya, pemerintah tidak punya nurani, sehingga wajar masyarakat tidak punya nurani juga,” ulasnya.

Hal senada juga dikeluhkan pedagang bakso di Simpang Dam­ri, Jondri. Dikatakannya, dia terpaksa beralih ke LPG 12 kg dengan pertimbangan LPG 3 kg jauh lebih hemat. Jika dikalikan LPG 3 kg, maka belum sampai Rp100 ribu.

Baca Juga : Pipa Perumda AM di Sungai Lareh Padang Bocor, Ini Daerah Terdampak

“Hemat lagi LPG 3 kg. Wajar­lah, kalau kita rakyat kecil pasti memilih mana yang untung. Mu­nafik namanya, kalau kita masih menjaga-jaga mana yang untuk kita dan mana yang tidak boleh,” tandas Jondri.

Terhitung pada Rabu 1 April 2015, pertamina kembali me­naik­kan harga Liquefied Pe­troleum Gas (LPG) nonsubsidi 12 kg Rp5.000 pertabungnya. Untuk Sumatera Barat (Sumbar) terdapat dua Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), jadi untuk Harga Ece­ran Tertinggi (HET) dibagi men­jadi dua, yakni untuk Padang men­­jadi Rp148.000 per­ta­bung­nya, sedangkan untuk Paya­kumbuh menjadi Rp146.200 pertabungnya. (h/ows)

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]